8 To Be Great (Tekun)

Lessons dari Mobile Legends (Game MOBA)
January 18, 2018
Fighting The Temptation
January 19, 2018

8 To Be Great (Tekun)

8 To be Great (Tekun)

Ketekunan menjadi penting karena kita memiliki banyak sekali kata untuknya; daya tahan, ketabahan, stamina, determinasi, teguh, dan ketegaran. Tidak peduli apa sebutannya, ketekunan berarti kemampuan untuk terus berjuang baik dalam kegagalan, rasa sakit, penolakan, kritikan, kejelekan, omong kosong – dan semua hal buruk yang kita hadapi.

Salah seorang pendiri Greenpeace Robert Hunter berkata padaku, ia menemukan pentingnya ketekunan saat ia memperoleh pekerjaan pertamanya, yaitu sebagai seorang salesman keliling yang menjual ensiklopedia dari pintu ke pintu: “Anda harus tekun karena ada 50 pintu yang dibanting, tapi pintu ke-51 akan terbuka. Pelajaran ini sungguh membantuku saat bergulat dalam jurnalisme, lebih dari pelajaran -pelajaran apa pun.”

Bertekun dalam waktu
Kesuksesan butuh 10 tahun

Ahli bedah *Douglas Dorner* berkata bahwa ia menghabiskan “Sepuluh tahun ditambah beberapa tahun tambahan untuk pelatihan besah vaskular, sebelum ia bisa menggantung shingle.”

Pada mulanya, aku adalah seorang tukang cuci botol sekaligus tukang masak, seorang tenaga one-man sales….Kini, 41 tahun kemudian, kami adalah “kesuksesan semalam, ” Sebenarnya, itulah yang terjadi jika kita bekerja keras.

*David Oreck pendiri, Oreck Vacuum Cleaners*

Tekun dalam kegagalan
*Abraham Lincoln* gagal dalam bisnisnya sebanyak dua kali, mengalami tekanan batin, dan kalah dalam politik sebanyak 8 kali. Dia terus bertekun dan akhirnya menjadi Presiden Amerika Serikat.

Kegagalan tidak menghentikanmu. Menyerah-lah menghentikanmu. Bertekunlah dan singkirkanlah ketakutanmu akan kegagalan. Kamu bisa menghadapi kegagalan demi kegagalan, karena akan muncul jauh lebih banyak lagi kesempatan untuk sukses.
*Gerry Schwartz pemimpin eksekutif Onex*

Bertekun dalam kesalahan
Sesungguhnya, jika Anda membuat banyak kesalahan, hal itu dapat menjadi tanda bahwa Anda ada di jalan menuju kesuksesan. Sebagai seorang bintang film *Joan Collins* pernah berkata, “Tunjukan pada saya, orang yang tidak pernah membuat kesalahan, dan saya akan menunjukkan pada Anda seseorang yang tidak pernah sukses secara maksimal.”

Bertekun dalam penolakan
Sulit dipercaya , pesepeda *Lance Armstrong* pernah ditolak, tapi ia mengatakan, “tidak ada yang menginginkan aku. Tidak ada satu tim Eropa pun yang menginginkanku, dan perusahaan Amerika tidak mau.” Tetapi, mereka sungguh-sungguh menginginkan Lance, ketika ia memenangi kejuaraan dunia berturut-turut.

Aku memiliki 175 surat penolakan. Aku menyimpannya untuk mengingatkanku bahwa jika Anda suatu ketika menyerah, tidak ada yang akan peduli kalau Anda tidak sukses, kecuali Anda sendiri. Jadi, Anda sungguh harus menginginkannya. Anda harus menyimpannya. Dan, jika Anda melakukan hal ini, tidak ada yang bisa menghentikan Anda.
Robert J.Sawyer penulis fiksi terkenal.

Strategi untuk bertekun
1. Ambil langkah-langkah kecil
2. Jangan pernah menyerah
3. Kemampuan untuk memantul (enjoy dengan pukulan-pukulan)
4. Stubbornosis (keras kepala)
5. Jadilah orang sabar yang tidak sabaran.
6. Jangan melihat ke belakang

KESIMPULAN

Ada 8 ciri orang pada umumnya, dan 8 to be great merupakan inti kesuksesan di segala bidang.

Kesuksesan bukanlah status permanen. Alasannya, jika kita meraih kesuksesan dengan melakukan 8 hal ini, jika kita berhenti mengusahakannya, kesuksesan juga akan berhenti, dan memang demikianlah adanya.

Sumber: 8 To Be Great
Penulis: Richard St John.
Dirangkum: Yani Sastra
19.01.2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *