Ketika Kita Menguasai Informasi

Tiba-Tiba Banyak Hal Yang Ingin Dilakukan
January 4, 2018
Melisa – Inspirasi ASSA 2018
January 15, 2018

Ketika Kita Menguasai Informasi

Halow Semua,

Hari ini cuaca sangat sejuk, 24-21 derajat celcius di Dumai, sama halnya dengan Singapura yang sedang heboh temperatur mencapai 23 derajat celcius.

Hari ini saya bertemu dengan seorang pengurus tanah yang sudah puluhan tahun mengurus tanah sebuah daerah. Informasi lokasi, kepemilikan, luas, bagaimana mengatur tanah tersebut dan sebagainya dikuasai beliau. Bahkan Pak RT dan Lurah pun masih berharap ke beliau ketika membutuhkan informasi tanah di daerah tersebut.

Saya minta ditunjukan posisi tanah yang sedang dalam proses sertifikasi. Beliau hafal betul, dan mampu memberikan beberapa penawaran yang masuk akal untuk ke depannya agar lebih aman.

Karena saya butuh bantuan untuk membersihkan semak belukar agar pihak BPN dapat mengukur tanah, beliau pun menghitung2 biaya dan apa saja yang akan dikerjakan.

Guess what? Harga yang ditawarkan tidak bisa di nego sama sekali. Karena informasi lengkap di tangan beliau, ke depannya jika butuh apa2 atau ada urusan dengan tanah tetangga, bisa lebih jelas dan ada yang jaga.

Coba kita lihat posisi kita sebagai sales, ketika produk atau Jasa yang kita jual, kita mengerti betul seluk beluk bidangnya, kita memiliki berbagai paket penawaran yang kita kemas sendiri dengan baik, kita mengetahui keunggulan dan kekurangan kompetitor, manfaat2 apa yang bisa kita berikan, pasti Harga bukan jadi masalah bagi kita. Dan margin pun dapat dipertahankan.

Itu baru namanya Sales yang Profitable.

Tambahan: saya baru dapat complaint dari pemain kartu internet, kalau ada pendatang baru yang menjual kartu dengan harga sangat miring, nyaris tipis sekali untungnya. Rata2 pemain lokal sudah pusing dan merasa rugi akan datangnya pemain baru dari luar kota ini. Tell you what, Zaman Now disruption akan ada di mana-mana. Pemain lokal ini baru saja mendapatkan disruption dari kota tetangga. Bagaimana jika pemain kartu dari Jakarta yang memiliki sumber harga Level 1, jualan di sini? So always get yourself Upgraded, Prepare, and Flexible in your move agar dapat segera menyesuaikan diri dan mencari keunggulan sendiri.

Semoga sharing ini bermanfaat.

Cheers,

Andi Wu
Its time to enjoy the cold cold night

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *