Lessons dari Mobile Legends (Game MOBA)

Siska – Inspirasi ASSA 2018
January 17, 2018
8 To Be Great (Tekun)
January 19, 2018

Lessons dari Mobile Legends (Game MOBA)

Lessons dari Mobile Legends (Game MOBA)

Ini nih game yang lagi Hot banget di mana-mana, banyak kompetisi dan Branding yang dimanfaatkan melalui Game ini. Rasanya gak perlu intro lagi yah tentang Mobile Legends. Game MOBA alias Multiplayer Online Battle Arena ini banyak pengalamannya.

Hal paling penting dalam game ini adalah TEAMWORK. Hal lainnya yang berpengaruh adalah skills yang memadai, strategi menggunakan setiap Hero yang digunakan, mengetahui keunggulan setiap hero lawan, timing, formasi dan latihan yang banyak.

Game ini dulu tidak ada panduan heronya, hanya belakangan muncul satu per satu panduan menggunakan setiap hero agar pemain mengerti karakter hero tersebut, dan keunggulannya. Di luar skills dan sebagainya, Teamwork mempengaruhi hampir keseluruhan kemenangan.

Pengalaman, banyak sekali bocah-bocah yang ngomong jorok, belum mulai sudah bilang Kalah karena rekan tim salah memilih hero atau yang tidak sesuai dengan keinginannya. Boleh di bilang banyak yang egois dan sok pintar atau superior. Nah kalau pengen tahu tipe-tipe orang yang main game MOBA itu gimana, boleh nonton di video-video kreatif karya Last Day Production dan Reza Sadha berikut ini:

Kepada sebagian orang, kata-kata jorok, kata-kata yang me-demotivasi team sebelum sebuah game mulai, ataupun salah seorang anggota team yang terus menerus menekan melalui kata-kata sepanjang permainan, dapat mempengaruhi hasil permainan. Karena hal ini menganggu fokus anggota team.

Melainkan ketika ada salah satu atau dua anggota team yang dengan kompak memberikan rekomendasi, motivasi, bimbingan dan dukungan satu sama lain dari sebelum permainan di mulai, hingga akhir permainan. Kemungkinan menang pasti lebih tinggi, dan menghasilkan GG (Good Game).

Sama halnya dalam sebuah Team dalam kompetisi atau Sales Team di pekerjaan. Jika salah satu member Team kita ada kekurangan, kita sebagai rekan sebaiknya membantu melalui bimbingan dan saran, dan saling memotivasi agar Target yang diberikan kepada Team kita dapat tercapai. Hindari hal-hal dan sikap negatif seperti pada video di atas, apa lagi meremehkan team member kita.

Akhir kata, TEAMWORK sangatlah penting, dan jika ditambah dengan STRATEGI, SKILLS, TIMING/POSITIONING, PRACTICE, maka Anda dapat menghasilkan sebuah ULTIMATE TEAM yang luar biasa.

Regards,

Andi Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *