Networking, Networking, Networking!

Being Positive
July 13, 2017
Barang Rusak/Bekas? Ada Saja Manfaatnya
July 26, 2017

Networking, Networking, Networking!

Networking, Networking, Networking!

“Bagaimana ya selalu mendapat pelanggan baru?” ucap Vivi, kawan saya
saat memasuki awal bulan baru,
yang berarti juga kembali berusaha mencapai target baru dan pencapaian baru.

MENURUTNYA, pelanggan lama memang tetap masih ada dan selalu dipertahankan karena seringkali terjadi pembelian ulang. Meski demikian, selalu mencari pelanggan baru juga merupakan sebuah keharusan untuk kelangsungan penjualan dan semakin meningkatnya capaian penjualan.

Membangun networking (jaringan) tidak bisa ditawar lagi adalah sebuah keharusan. Terlebih dalam bidang penjualan. Banyak orang mengatakan, untuk menjadi orang sukses harus dikenal dimana saja. Bahkan, saat pertama kali memasuki pekerjaan dalam dunia penjualan, cukup banyak lowongan kerja yang mencantumkan kualifikasi tenaga penjual memiliki jaringan penjualan yang luas, khususnya yang terkait dengan bidang usaha .

Membangun networking dapat dikatakan sebagai proses saling mengenal dengan sejumlah orang dari berbagai kelompok yang memiliki latar belakang berbeda. Kegiatan networking sangat memungkinkan sebagai sarana untuk bertemu dengan orang-orang yang nantinya dapat menjadi klien baru.

Hanya saja, upaya membangun networking (jaringan) membutuhkan upaya dan waktu. Tidak bisa instan dan tidak cukup sekedar membagi-bagikan kartu nama saja. Perlu ada kepercayaan dan rasa kesamaan yang dibangun.

Beberapa kegiatan membangun networking (jaringan) yang dapat dilakukan saat ini adalah melalui:

1. Jaringan Klub
Bergabunglah dalam komunitas, klub, asosiasi, atau kelompok profesi. Melalui jaringan klub, tingan terbuka peluang kesempatan untuk bertemu, berkenalan, dan berbagi peluang bisnis. Bukan tidak mungkin mendapatkan rekomendasi saat bergabung dalam suatu kelompok. -Biasanya, ada yang akan memperkenalkan dengan orang lain

2. Jaringan Sosial
Memperbanyak jaringan sosial memungkinkan untuk selalu bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama ataupun berbeda. Keakraban yang muncul dari kegiatan berkumpul bersama secara teratur dan berdiskusi akan memberikan hasil yang memuaskan dengan meluangkan waktu seperti ini.

3. Menghadiri Acara, Konferensi, dan Seminar
Menghadiri konferensi atau acara-acara yang dihadiri banyak orang dan banyak pembeli memungkinkan untuk bertemu dan memperkenalkan diri lebih lanjut setelah kegiatan selesai. Aktiflah ketika acara berlangsung. Gunakan pakaian yang mudah diingat agar lebih mudah dikenal. Melalui kegiatan ini, banyak sekali informasi dan ilmu yang bisa diperoleh yang dapat mendukung peningkatan karir.

4. Jaringan Dunia Maya
Saat ini internet sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi kebutuhan. Melalui jaringan ini, dapat dengan mudah menemukan dan berbicara dengan orang-orang dimana saja dan kapan saja dengan mudah. Membuat website/blog atau email marketing akan sangat membantu.

Gunakan sarana sosial media yang semakin saat ini semakin banyak berkembang, mulai dari BBM, Whatsapp, twitter, path, Linked in, instagram, line, dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah kenalan. Selain itu, ada juga grup online yang bisa diikuti.

DALAM membangun jaringan ada hal penting yang perlu diingat. Terkadang, meski tentunya kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh klien baru, jangan segera menawarkan atau langsung melakukan penjualan kepada anggota-anggota jaringan ini. Jika tidak, hal ini bisa menjadi kesalahan fatal karena orang justru akan menghindar. Orang akan menganggap hanya mementingkan diri sendiri dan tidak memberikan keuntungan bila berkenalan lebihlanjut.

Membangun networking (jaringan) harus mengutamakan untuk membantu anggota yang ada dalam jaringan tersebut. Sehingga, dengan sebaliknya anggota lain pun terdorong untuk membantu dan merekomendasikan pada orang yang dikenalnya yang kemungkinan membutuhkan produk yang dijual.

Jadi, kapan harus memulai membangun networking (jaringan)? Tidak lain adalah Now. Sekarang! Selalu tersenyum, ramah, dan selalu bersedia membantu orang lain. Lihat yang ada di sekeliling. Jadikan membangun networking sebagai kebiasaan!

Salam,

R Windhu
KOMISI Jakarta

SERUM adalah kepanjangan dari ( SEnin, Rabu, jUM’at ) Sesuai dengan definisinya SERUM ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan diri Anda agar mampu menghadapi segala macam “kuman” malas, takut, kuatir dan berbagai kuman negative lainnya serta akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Setiap Senin akan diberikan Sales Motivasi agar anda tetap “ON”, hari Rabu akan disharingkan TIPS Penjualan yang akan meningkatkan Skills dan Knowledge Anda, sedangkan di hari Jum’at akan ada praktisi sales yang mensharingkan pengalaman mereka dalam menjual.

Semoga SERUM akan membuat hidup Anda lebih kuat dan sukses dalam bidang penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *