SELL 2: Kisah Pemandu Taxi

SERUM 50: Success Story – Mau Sukses? Fokuslah pada pelanggan Anda
December 19, 2015
SERUM 51: Motivasi – Bermain Layangan Butuh Angin
December 19, 2015

SELL 2: Kisah Pemandu Taxi

Rekan2 Komisi,

Dalam era persaingan sekarang ini, setiap perusahaan berlomba-lomba untuk memperbesar pangsa pasar mereka. Tak terhitung uang yang dikeluarkan oleh setiap perusahaan untuk memasang iklan dan menjalankan strategi marketing demi meraih pasar yang baru. Tapi segala uang dan strategi itu tidak akan ada artinya jika pelanggan yang berhasil didapat malah kabur karena kecewa dengan pelayanan yang diterima saat menjadi client dari perusahaan.

Beberapa minggu lalu saya terpesona dengan sebuah cerita dari halaman Facebook seseorang yang kemudian tersebar luas ke berbagai media. Ceritanya orang ini, Bapak Hartono, sedang menuju ke Bandara untuk melakukan trip keluar kota (mungkin sama seperti kita, keluar kota mau cari orderan). Nah beliau memesan sebuah taksi Blue Bird untuk mengantarkannya ke Bandara.

Sesampainya di Bandara, ternyata ada kerusakan di bagian mekanis kunci bagasi sehingga kopernya tidak dapat dikeluarkan. Terjadi kehebohan singkat di Bandara, melibatkan beberapa supir Blue Bird, Satpam Bandara, hingga pengunjung lain yang ternyata adalah istri dari Dirut Pelindo 2. Singkat cerita, koper berhasil dikeluarkan, dan pak Hartono berhasil naik pesawat.

Tapi apa yang terjadi dengan taksi nya? Untuk melakukan pembukaan bagasi tersebut harus melakukan berbagai upaya sehingga setelah koper berhasil keluar, jok belakang sudah lepas dari tempatnya, lubang kunci bagasi sudah rusak, body mobil penyok dan tergores parah. Total biaya perbaikan mungkin mencapai jutaan rupiah.

Tapi sisi positif dari kejadian ini adalah, citra taksi tersebut menjadi naik drastis di tengah persaingan bisnis taksi di Jakarta. Service Excellence berhasil meningkatkan citra perusahaan dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan pasang iklan di TV atau bahkan media cetak nasional. Kerugian yang ditanggung hanyalah sementara, tapi akan berbuah manis dengan meningkatnya kepercayaan customer.

Moral of the Story adalah, jangan pernah merasa takut untuk menerima kerugian kecil karena Service Excellence akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda di masa depan.

Salam Komisi,

Indra Hadiwidjaja, CFP®
Financial Planner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *