SELL 3: Penjual Jas yang Melayani Extra

SERUM 53: Success Story – Silverster Stallone
December 19, 2015
SERUM 54: Motivasi – Salesman dan Kemerdekaan
December 19, 2015

SELL 3: Penjual Jas yang Melayani Extra

Selamat akhir pekan KOMISI-ers, di kesempatan sharing mengenai SELL Service ExceLLence di Sabtu hari ini saya ingin sharing pegalaman saya yang saya anggap Servicenya Excellence alias memuaskan, dan berkesan di hati.

Beberapa bulan yang lalu saya menghadiri sebuah Gala Dinner berkapasitas 2000 meja, dengan tamu 20,000 orang. Tentunya dengan dress code Black Tie.

Saya yang gak pernah punya jas, akhirnya pergi hunting jas di hari tersebut. Mampirlah di G2000, saya lihat banyak sekali jasnya. Di pegang satu per satu, jadinya binggung apa sih bedanya?

Kemudian saya bertanya ke staff di sana yang rata2 sedang sibuk semua, dan jawabannya:

Silahkan dilihat-lihat, sisi sini cutting Slim, sisi sana Regular. Namun, saya masih binggung, cocok buat saya yang mana ya?
Kemudian staff tersebut kembali ke urusannya lagi. Saya pun melihat-lihat lagi, sampai 1 corner saya lihat seorang Auntie / Ibu-Ibu yang juga staff di sana sedang membantu orang memilih Jas. Kemudian saya bertanya ke beliau.

Wow, langsung saya di bantu pilih ukuran yang cocok dahulu, kemudian setelah gonta ganti beberapa ukuran jas, akhirnya ketemu ukuran yang lumayan pas, warna dan desin pas. Kemudian sambunglah ke mencoba dengan celana pasangan.

Semuanya pas, kecuali panjang lengan jas dan panjang celana. Kemudian Auntie tersebut membantu saya mengukur panjang lengan dan celana.

Dan saya diberitahu bahwa akan ada biaya buat penyesuaian panjang tersebut, namun jika kamu belanja lebih dari 2Juta, kamu akan dapat diskon 20% yang dapat kamu gunakan buat barang lain maupun jasa.

Oke, tidak masalah. Berapa jam siap?

Hah? Wah, pengerjaannya minimal 1 minggu.

OMG! Saya butuhnya malam ini juga, kira-kira bagaimana ya bagusnya?

Kemudian Auntie tersebut menawarkan bantuan dengan keahliannya menjahit, yaitu menjahit 1 titik di kedua sisi lengan jas dan celana saya yang telah dilipat sesuai dengan panjang yang telah diukur.

Jadi, saya tetap dapat menggunakan jas dan celana tersebut malam itu juga. Cukup menunggu 15 menit, Auntie keluar dengan jas dan celana saya yang telah Pas. Kemudian dicoba kembali untuk memastikan.

Sambil proses pembayaran, jas dan celana saya pun di bantu setrika uap agar terlihat rapi kembali.

Kira-kira saya meluangkan waktu hampir 2 jam di sana untuk membeli setelan jas. Bayangkan jika tidak ada staff sebaik dan sepintar Auntie tersebut, saya bisa-bisa tidak dapat Jas yang pas hari itu juga.

Service Excellence yang diberikan oleh Auntie tidak pilih-pilih, selalu bersedia membantu semua pelanggan, berpikir out of the box dan mencoba memberikan saran dan service di luar biasanya.

Saya kemudian perhatikan, setelah saya, Auntie tersebut sambung melayani customer lainnya yang juga sedang mencari jas.

Jika saya atasannya, saya akan menjadikan beliau Top Employee with Service Excellence.

Have a great long weekend, dan Dirgahayu HUT RI ke-70. Ayo Kerja, dan tunjukkan bahwa kita Sales Indonesia juga dapat melayani Lebih dan memberikan Service Excellence (SELL).

Regards,

Andi Wu
Moderator
Www.AndiWu.com

SELL Saturday adalah artikel rutin setiap Sabtu di KOMISI yang mengupas pegalaman dan pengamatan mengenai SELL (Service ExceLLence). Artikel dikontribusikan oleh TEAM SERUM KOMISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *