SELL: Mereferensi Kompetitor

SERUM: Kisah di Balik Nobel Awards
June 20, 2016
SaTe: Yahoo Messenger is Not Dead Yet
June 26, 2016

SELL: Mereferensi Kompetitor

SELL :
SErvice
exceLLence

“MEREFERENSI KOMPETITOR”

Dalam pekerjaan kita sebagai seorang sales.
Sering kita dihadapkan pada kondosi sulit berupa :

Pertanyaan dan permintaan info dari Pelanggan mengenai kompetitor kita.

Kita harus menjawab apa ?
– tidak tahu,
meskipun tahu.
hee hee aman deh kita.

– memberi tahu
tapi nanti pelanggannya
kabur dan tidak kembali

Haa haa cukup dilematis ya

Saya punya pengalaman awal bulan Juni ini.
Ceritanya dalam rangka persiapan pembukaan Kantor Cabang baru di Yogyakarta.

Kami benar benar bekerja keras dalam 3 hari untuk
~ menginterview karyawan
~ memasang CCTV 23 titik
digudang 1.600 meter

Kami lakukan dari jam 07.00 sampai 02.00 dini hari berikutnya

Bisa dibayangkan betapa capek dan letihnya raga ini untuk mengejar deadline pekerjaan.

Hari terakhir kami selesaikan jam 20.00 WIB.
untuk relaksasi dan mengembalikan stamina tubuh, kami putuskan untuk melakukan pijat sehat di Jalan Magelang dekat TVRI Yogyakarta.

Ternyata kami datang ke My Foot jam 20.15.
Counter ini mau tutup jam 21.00 WIB dan kami ditolak karena stok terapisnya kosong.
Semuanya sedang melakukan tugas.

Waddduuuh gawat

Badan benar benar sudah super capek tapi tidak ada stok terapis.

Kepada Customer Service kami minta tolong, yaitu :

~ bolehkan kami dicarikan teraphis yang mau lembur. Kami siap membayar lebih.

Tapi sepertinya kok berat dan tidak bisa.

~ bolehkan kami minta info terapis freelance untuk dikirim ke penginapan kami.

Ternyata juga tidak bisa

Karena sudah tidak tahan karena benar benar sudah capek, kami bertanya

“DIMANAKAH ADA RUMAH PIJAT SEHAT LAINNYA?”

Dengan berat hati dan ogah ogahan Customer Service menunjukkan brand Griya Pijat Sehat di daerah kota.

Cuma informasi tentang alamat lengkapnya dibuat kabur sehingga kami cukup kesulitan mencari carinya.

Meski kesal hati dengan sikap CS yang setengah hati, namun kami bisa memahaminya.

CS itu pamali mereferensi kompetitor, kurang PD dan takut pelanggannya kabur.

Dan ternyata tempat yang ditunjukkan oleh CS itu memang lebih bagus, lengkap dan jam kerjanya sampai jam 23.00 WIB

Bolehkah kita mereferensi pelanggan kepada Kompetitor ?

Jawabannya
BOLEH & HARUS !!

asalkan jika
1- kita kehabisan stok dan pelanggan perlu secara mendesak.
2- produk yang kita miliki tidak sesuai need & want customer.

Justru KEBERANIAN kita MELAKUKAN REFERENSI dan INFO tentang Kompetitor merupakan salah satu trik SERVICE EXCELLENCE kepada pelanggan.

Cara yang anggun adalah :
1. Berikan informasi yang detail.
2. Kalau perlu antar ke kantor kompetitor dan pro aktif menjembatan bahwa pelanggan kita perlu produk yang dimiliki kompetitor.

Dengan pro aktif menjembatani komunikasi maka efeknya :
~ kompetitor respek kepada kita.
~ pelanggan puas dengan service excellence kita.

BERANIKAN DIRI untuk melakukan REFERENSI kepada kompetitor karena :
1. Rejeki ada di tangan Tuhan.
2. Tiap Sales punya pelanggan masing masing.
3. Kompetitor bukan untuk dimusuhi.
Justru jika kita pintar mengelola kompetitor, mereka juga sumber informasi.
4. Jika kita memang kalah kelas dengan kompetitor, inilah saatnya kita belajar.

Selamat berkarya
Semoga sukses sejahtera

best
regards
GM@Yogya
Istimewa dihati

GM. Agung Nugroho
Leadership & Sales Trainer
0811. 912. 6789
0819. 1489. 7899

WA 0857. 2015. 3222

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *