SELL: Part 02 – Ide luar biasa untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan

SERUM: The Power of System
April 15, 2016
SATE: Wunderlist for Sales
April 17, 2016

SELL: Part 02 – Ide luar biasa untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan

Part. 02

SELL
SErvice
exceLLence

Ide luar biasa untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan.

by Paul R. Timm Ph.D

Minggu lalu kita sudah membahas tentang bagaimana untuk :

Menciptakan hubungan yang mutual atau win win pada kedua belah pihak antara :
~ pelanggan
~ perusahaan
ini sangat membutuhkan banyak usaha.

Ada beberapa tip dan trik yang simple untuk menciptakan terjadinya SErvice exceLLence.

1.
Pancinglah
Tanggapan Negatif

Karena pelanggan yang mengeluh dapat menjadi sahabat terbaik kita.

Dengan keluhan yang mereka sampaikan, kita bisa bertindak lebih baik dalam pelayanan.

Bagaimana Trik menggali tanggapan negatif ?

Ada 2 caranya :

A. Pertanyaan terbuka

Pertanyaan yang memancing tanggapan panjang dan lebar serta dalam.

B. Naive Listening

Gunakan seluruh panca indera untuk mendengar.
~ mata
~ telinga
~ perasaan

😀👍🏽👍🏽👍🏽

Maka kali ini saya akan mengulas bagaimana cara untuk :

Lampaui harapan pelanggan dengan 3 hal :

1.
BERIkan
NILAI LEBIH 👌🏿

Dirumah kami di Yogya masih ada alat elektronik, yaitu :

a. Rice Cooker berusia 32 tahun yang masih sempurna dipakai.

b. Mesin cuci 20 tahun dalam kondisi bagus.

Membuat saya fanatik terhadap merek dari Jepang.

Anda tentu juga punya produk atau jasa yang berumur panjang dan masih bisa berkerja jauh lebih baik dari harapan kita.

NILAI adalah KUALITAS dari produk yang RELATIF terhadap HARGA.

Pelanggan akan menjadi militan dan fanatik terhadap kita jika :
~ berfungsi prima
~ long life
~ harga dibawah ekspektasi pelanggan.

Namun sayangnya untuk membuat pelanggan menyadari nilai yang kita miliki serta menjadikan mereka fanatik militan, kita tidak punya waktu 15 ~ 20 tahun.

Lalu bagaimana dong cara mempercepat terciptanya fanatisme pelanggan ?

Ada beberapa CARA untuk menCIPTAkan PERSEPSI tentang NILAI dengan cepat, yaitu :

* KEMASAN

Manusia adalah mahluk Visual.

Maka buatlah kemasan menjadi semenarik mungkin.

Saya memberikan gift pena selalu yang
~ bermerek,
~ pasti bergrafir nama orangnya.
~ saya bungkus lagi dengan kertas kado

Ini akan lebih menguatkan nilai barang tersebut.

* GARANSI
atau JAMINAN.

Penuhi kebutuhan rasa aman pelanggan dengan memberikan garansi.

Garansi juga akan membuat NAMA BAIK Produk kita terjaga.

* Penempatan
Produk yang baik.

Berikan banyak varian atau item yang sesuai kebutuhan mereka.

* Akomodasikan untuk komunitas.

Banyak sekali sekarang pabrik sepeda motor dan mobil menggalang komunitas.

Dengan membangun komunitas itu benefitnya :

# sarana berbagi pengalaman dan belajar.
# sarana sosialisasi antar member.
# mempertinggi cita rasa nilai pelanggannya.

* HARGA yang BAIK

Meski harga memang jarang menjadi faktor nomor 1 dalam menentukan nilai.

Namun kadang kadang masih dianggap penting bagi kebayakan pelanggan.

Dengan kejutan pemberian sedikit discount akan membuat pelanggan lebih merasa senang karena ini diluar ekspektasi mereka.

NILAI membawa ketentraman hati dan kenyamanan bagi pelanggan.

Ketika kita melampaui harapan pelanggan sesuai nilai yang diterima, kita menciptakan kesetiaan.

3 Tip Lampaui Harapan Pelanggan dengan :

1. NILAI LEBIH
2. …..
3. …..

To be continue … 😀

Happy SELLing

Best regards
GM. Agung Nugroho

—-

SELL adalah singkatan dari Service ExceLLence. Tujuan artikel ini untuk mengajarkan Sales agar tidak hanya berfokus pada angka penjualan, tetapi belajar memberikan Service yang di luar ekspektasi pelanggan yang kita namakan Service ExceLLence. Dengan belajar memberikan SELL dan mengetahui tentang bagaimana SELL itu terjadi, Sales di KOMISI akan dapat menjaga hubungan dengan pelanggan lebih baik, serta berpeluang mendapatkan penjualan yang terus menerus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *