SELL: SAHI – Simple Act High Impact

SATE: Line@ for Business
May 9, 2016
KOMISI Show: Jualan Tug Gak Enak!
May 10, 2016

SELL: SAHI – Simple Act High Impact

SELL

– Simple Act High Impact –

***

Bulan lalu—tepatnya April 2016, saya berkunjung ke kota Medan guna keperluan persiapan reuni SMA. Seperti biasa malam harinya, saya bersama teman-teman hang out di sebuah cafe. Roda tiga bistro and cafe, namanya. Waktu itu suasana sangat ramai karena memang waktunya jam makan malam.

Ada sesuatu hal yang menarik; yang dilakukan oleh pemilik cafe tersebut. Namanya Ibu Ade Neny. Di sela-sela pengunjung menikmati makanan, ia berkunjung dari meja ke meja untuk memperkenalkan diri sembari menanyakan bagaimana makanannya. Apakah ada sesuatu hal masih dirasa kurang dari pelayanan cafe ini. Ia juga menjelaskan, bagi yang ingin melakukan ibadah sholat, di lantai atas disediakan mushola. Dan saya sangat surprise setelah melihat musholanya. Bersih, beralaskan karpet beludru serta menggunakan AC. Sungguh Mushola yang sangat bagus untuk ukuran sebuah cafe.

Menurut saya, terkadang service tidak selalu hanya dilakukan oleh staff kita. Namun perlu sesekali sebagai pimpinan atau pemilik perusahaan turun ke lapangan dan melakukan service langsung kepada konsumen. Tentunya agar mengetahui dengan detail permasalahan yang terjadi guna pengembangan service yang lebih baik kedepannya.

Di sisi lain, pengunjung atau konsumen akan merasakan value yang berbeda jika pemilik atau pimpinannya langsung yang melakukan service. Walaupun service itu merupakan action yang sederhana, seperti yang Ibu Ade Neny (Owner Roda Tiga Bistro and Cafe) lakukan.

Dan saya menyebutnya service yang simple act high impact. Simpel namun berdampak luar biasa.

***

Doddy Agustian
Komisi Jatim

—-

SELL adalah singkatan dari Service ExceLLence. Tujuan artikel ini untuk mengajarkan Sales agar tidak hanya berfokus pada angka penjualan, tetapi belajar memberikan Service yang di luar ekspektasi pelanggan yang kita namakan Service ExceLLence. Dengan belajar memberikan SELL dan mengetahui tentang bagaimana SELL itu terjadi, Sales di KOMISI akan dapat menjaga hubungan dengan pelanggan lebih baik, serta berpeluang mendapatkan penjualan yang terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *