SELL (SErvice exceLLence): Personal Quality

SERUM: Selowwww
October 28, 2016
SATE: Fast Charging / Quick Charge
October 30, 2016

SELL (SErvice exceLLence): Personal Quality

Happy Weekend KOMISIers,

Kembali lagi pada topik SELL (SErvice exceLLence) mingguan.

Sudah cukup lama rasanya saya tidak sharing tema Service Excellence. Hari ini, saya sharing sedikit mengenai pengalaman saya memperbaiki sepeda di 2 tempat yang berbeda.

Di tempat 1, servis basic + cuci dan pelumas. Setengah hari kelar, wow kinclong ban sepeda saya. Ternyata di kasi KIT. Tapi kok sampai saddle, handlebar semuanya jadi terasa berminyak? Dan rantai yang seharusnya putih bersih setelah servis dan cuci, malah berminyak hitam (walaupun tidak ada lagi campuran pasir pada rantai)

Setelah ditanyakan, teknisinya tidak tahu, asal kasi minyak. Dan minyak pelumas yang dikasi adalah yang bekas, makanya hitam-hitam. OMG. Not WOW. Kali ke 2 coba cuci saja dan diingatkan gak usah di kasi pelumas. Hasilnya wow kinclong BANnya, tapi celah-celah sepeda tidak bersih, masih ada jejak debu dan pasir. Kembali lagi Rantai pun ikut hitam. Terpaksa saya bersihkan kembali sendiri.

Tidak ada personal touchnya di sini, asal jadi saja, dan hanya tampilan sekilas yang memukau, tetapi jika diperhatikan lebih detail, tidak memuaskan.

Kemudian saya coba bawa ke luar kota, ada sebuah bengkel sepeda yang terkenal, ada harga standard servis. Saya bawa ke sana, mau servis, cuci sama ganti kabel rem. Oke, kata teknisinya besok bisa siap. Saya bilang gak apa-apa, lusa saya jemput karena saya baru pulang lusa.

Lusa saya tiba, ternyata belum siap, sisa sedikit lagi, karena teknisinya masuk setengah hari, minta waktu 1 jam.

1 jam kemudian saya datang, sudah siap. Kabel rapi dipasang, sepeda gak dicuci ternyata tetapi di lap saja (gak jadi dicomplaint karena biayanya ternyata di charge cuma setengah, yaitu gak termasuk biaya cuci), bar tape sedikit kurang rapi, tapi teknisi berani menjelaskan alasannya, dan oke lah boleh diterima, karena tapenya yang saya pilih cukup murah. Rantai bersih, dan pemindahan gigi lancar dari hasil servis.

Kemudian teknisi tersebut membantu mengantarkan hingga ke mobil, dan sedikit chit chat dengan saya. Sebelum dimasukan ke mobil, saya dapat pelajaran yang menjadi pertanyaan saya selama ini, oh ternyata ada yang namanya masuk setengah gigi, agar rantai tidak tergesek. Dan beberapa percakapan yang familiar di dunia sepeda. Ini yang kemudian membuat saya lega dan menerima apapun hasil dari servis tersebut.

Memang hasilnya tidak sempurna, tetapi personal touch, kegigihan menjalin komunikasi dan relasi yang baik, ini yang membuat teknisi tersebut memiliki service excellence. Tinggallah Skills nya yang perlu di-improve agar hasil lebih rapi dan maksimal.

Dalam dunia servis, jangan fokus hanya pada hasil, tetapi perhatikan proses, jalin hubungan yang dekat dengan pelanggan, tetap ramah, jujur, dan tulus. Maka, Anda pasti akan berkembang menjadi sales yang Excellence.

Semoga mencerahkan weekend rekan-rekan KOMISI semua.

Regards,

Andi Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *