SELL: Super TEAM

SERUM: Hidup Penuh Antusias
July 18, 2016
SaTE: Menjaga Laptop/Komputer Anda dari Virus/Malware
July 24, 2016

SELL: Super TEAM

SELL :
Service
excELLence

“SUPER TEAM”

Kita semua tentu menyetujui bahwa mempunyai team yang
~ WELL TRAINED
~ WELL EDUCATED
~ WELL MOTIVATED
merupakan idaman semua perusahaan.

Sungguh tidak nyaman saat kita dilayani oleh karyawan baru berbusana hitam/putih dengan name tag ” TRAINER”

Order ini salah, order itu juga salah.
Ditanya ini bingung, ditanya yang itu jawabnya tidak tahu
Dan akhirnya jurus pamungkasnya keluar :

“Maaf bapak & ibu saya anak baru yang mulai kerja kemarin”

Walaaaah kacau nich perusahaan

Pemilihan calon karyawan yang asal asalan serta tanpa pembekalan skill serta knowledge yang memadai sangat merugikan bagi perusahaan.

Mengapa rugi ?

1. Pelanggan baru serta potensial bisa kabur & belanja ke kompetitor.

2. Pelanggan lama enggan memberikan referal kepada kita karena dia pasti tidak mau menerima malu dan komplain dari temannya yang akan direferensikan kepada kita.

3. Karyawan yang asal asalan dan tidak terdidik dengan baik, hampir dapat dipastikan kinerjannya juga pas pasan saja.
Bahkan bisa jadi menjadi benalu dan kompor gas yang manas manasin suasana disana sini.
Ujung ujungnya turn over karyawan tinggi.
Hasilnya kita yang capek mengurusin recruitment dan rugi waktu.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan calon karyawan yang BAGUS serta POTENSIAL

Menurut 2 mentor idola saya, yaitu :

1. John C Maxwell :

Pemimpin itu menarik Pengikut.

Disinilah ujian pertama dari seberapa baik & bagusnya reputasi kepemimpinan kita.

Contohnya :
Nama besar Pep Guardila dan Jose Mourinho tentu lebih mampu menarik pemain sepak bola top untuk bergabung, daripada jika saya “GM” dipercaya menjadi pelatih MU atau M-City

semakin kita punya reputasi cemerlang dan cerdas.
semakin mudah dan menarik para calon anggota super team.

2. Bryan Tracy

Dalam
buku sakti
yang berjudul

“HIRE & KEEP the BEST PEOPLE”

Untuk mendapatkan calon anggota super team yang terbaik, maka kita perlu lakukan jurus

“THE LAW of 3”

yaitu :
1. Lakukan interview minimal 3 orang calon kandidat untuk 1 posisi.

Ini penting supaya kita bisa memilih yang terbaik.

2. Untuk posisi yang penting dan strategis kita perlu lakukan interview minimal 3x.

Ini untuk supaya kita mendapatkan penilaian yang detail dan maksimal dari calon anggota super team kita.

3. Laksanakan interview melibatkan 3 orang staff kepercayaan anda.

Ini untuk mendapatkan penilaian yang lebih objectif.

4. Lakukan interview di 3 lokasi yang berbeda.
Misalnya :
A. Di ruangan kerja ber AC
B. Di gudang atau parkiran yang panas tanpa AC
C. Di tempat makan diluar kantor

ini penting untuk melihat perubahan sikap dan karakter calon karyawan kita.

intisarinya

Kepuasan pelanggan merupakan tanggung jawab semua pihak dalam anggota team kita.

Kita perlu memiliki team yang handal supaya bisa memberikan layanan prima.

Untuk mendapatkan super team yang handal maka kita perlu :

a. Kita perlu membangun reputasi diri sebagai PEMIMPIN yang HANDAL dan HEBAT.

b. Kita perlu lakukan action “The LAW of 3”

Happy SELLing

best
regards
GM@Yogya
Istimewa dihati

GM. Agung Nugroho
Branch Manager
PT. Putra Sumber Abadi
0811. 912. 6789
0819. 1489. 7899

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *