SeLL: The Five Secrets to Extraordinary Customer Service

SERUM: Kisah Uniqlo Menghadapi Kegagalan
April 7, 2017
SeLL: Eye Contact dan Response
April 8, 2017

SeLL: The Five Secrets to Extraordinary Customer Service

The Five Secrets to Extraordinary Customer Service
(Lima Rahasia Menuju Pelayanan yang Luar Biasa)

Sam Walton – Founder Walmart pernah berkata: “Hanya ada 1 Boss, yaitu Pelanggan. Dan pelanggan ini dapat memecat semua orang di sebuah perusahaan bahkan dari posisi teratas pun. Caranya sangat mudah, yaitu cukup membelanjakan uangnya di perusahaan lain.”

Beliau tahu pentingnya sebuah pelayanan yang baik, dan tentunya sebagai seorang sales Anda pun perlu menyadarinya. Pelanggan = Omset. Tidak ada usaha yang bisa jalan tanpa omset. Tanpa terkecuali, sales yang terhebat pun perlu mendapatkan omset yang terus menerus dari salah satu pelanggannya. Maka dari itu perlulah kita memastikan bahwa kita sudah melalukan yang terbaik untuk mempertahankan pelanggan-pelanggan kita agar terus bersama kita.

Berikut 5 cara meningkatkan pelayanan Anda:
1. Great People, Not Great Scripts
Keterampilan Interpersonal seorang sales person jauh lebih penting daripada Skrip dalam melayani pelanggan. Sales yang memiliki Attitude yang Baik, akan mampu melayani pelanggan lebih daripada sebuah skrip. Karena pada ujungnya pelanggan berhubungan langsung dengan orang sales. Human-Human Interaction.

2. It Starts with You
You dalam hal ini adalah Owner, Leader, Manager. Moral setiap karyawan maupun orang sales sebuah perusahaan secara langsung terpengaruhi oleh atasannya. Jika Anda sebagai Sales Leader ingin team Anda melayani dengan baik, maka Anda perlu memulai melayani team Anda dengan baik juga. Cara anda melayani akan menciptakan sebuah trend dan ekspektasi team Anda akan bagaimana mereka sebaiknya melayani pelanggan juga.

3. Its all in The Name
Dale Carnegie (seorang penulis dan pengajar dari Amerika Serikat dan seorang pelatih/motivator di berbagai kursus pengembangan diri, penjualan, keuangan, public speaking dan keterampilan interpersonal) pernah berkata: “There is No Sweeter Word in the English Language than our own name”. Tidak ada kata yang lebih manis dalam sebuah bahasa selain nama kita sendiri. Ketika Anda memanggil pelanggan Anda dengan Nama, mereka akan lebih merasakan ketulusan dan perhatian dari Anda. Panggillah pelanggan anda dengan Nama pada saat Anda melayaninya, dan pastikan Anda memanggilnya dengan benar. Jika Anda tidak tahu panggilan yang benar, tanyakan kepada pelanggan Anda; mereka akan lebih menghargainya ketika Anda ingin memastikan Anda memanggil nama mereka dengan benar.

4. The Benefit of the Doubt
Ketika Anda ingin selalu menang dan benar dalam setiap hal dalam menghadapi keraguan pelanggan Anda, sehingga membuat pelanggan Anda pada posisi yang Kalah, Anda perlu memikirkan kembali dengan baik. Apakah Anda ingin selalu benar, atau Anda ingin mempertahankan pelanggan Anda? Perlu diingat bahwa terlalu memaksakan kebenaran tidak akan menghasilkan omset bagi Anda pada akhirnya. Banyak jalan keluar lainnya dalam menanggapi pelanggan yang salah maupun ragu.

5. Under Promise, Over Deliver
Pelayanan Pelanggan adalah tentang mengatur ekspektasi pelanggan dan mengatasinya. Berikan sebuah komitmen waktu dan solusi kepada pelanggan Anda di mana Anda PASTI mampu, dan lakukan jauh lebih baik dari komitmen tersebut. Pelanggan Anda akan sangat WOW akan pelayanan Anda.

Jika Anda belum melakukan 5 hal di atas, kini saatnya. Memberikan pelayanan yang Excellence adalah Bagaimana kita melampaui ekspektasi pelanggan, sehingga mereka merasakan kepedulian kita. Hal-Hal sederhana ini jika Anda teruskan, akan menghasilkan pelanggan yang terus menerus membeli dari Anda.

Mendapatkan pelanggan baru membutuhkan Biaya yang besar dan Waktu yang lama. Mempertahankan pelanggan tidak memakan biaya besar, dan Anda bisa mendapatkan Sales yang terus menerus, bahkan hingga ke tahap Referensi di mana Anda tidak perlu biaya lagi untuk mendapatkan pelanggan baru. Caranya? Menyediakan produk/jasa yang berkualitas dengan pelayanan yang Excellent.

Memberikan pelayanan yang Excellent tidaklah sulit. Tetapi hanya dengan mengingat hal ini “Layanilah Pelanggan Anda Sebaik Mana Anda Ingin di Layani”

Treat Your Customer How You Would Want to be Treated.

Salam SeLL (Service Excellence)

Andi Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *