SERUM 11: Tips Sales – Attitude is Everything

HUT 4 KOMISI – Hotel Horison, Semarang – Jawa Tengah
December 8, 2015
SERUM 12: Motivasi – Ketika Kita Mengapresiasi Karunia
December 19, 2015

SERUM 11: Tips Sales – Attitude is Everything

Dalam menjalankan profesi sebagai sales, sering kali kita mendengar beberapa hal sebagai penunjang kesuksesan dalam penjualan yang harus dimiliki misalnya seperti Skill dan Knowledge. Apakah hanya mengandalkan ke 2 hal ini sudah cukup untuk meraih kesuksesan? Tentunya tidak. Ada 1 hal lagi yang sangat penting sekali bahkan yang utama untuk kita lakukan sebagai penunjang kesuksesan yaitu ATTITUDE.

Tidak semua orang memiliki ATTITUDE yang baik tapi kebanyakan orang sukses pasti memiliki ATTITUDE yang baik. ATTITUDE yang terpancar dari diri kita, bisa menjadi positif atau negatif tergantung bagaimana kita ingin menampilkannya.

Tentunya kita ingin menampilkan citra positif dibenak orang tentang diri kita bukan? Untuk itu mulailah dari sekarang membangun citra positif itu!

Bagaimana caranya? Usahakan tidak ada hal negatif dalam segala perkataan dan tindakan kita.

Dan biasanya orang-orang yang memiliki ATTITUDE yang baik memiliki banyak teman, juga biasanya pun cenderung di cari orang baik dalam hal pekerjaan maupun dalam hal berbagi walau sekedar berbagi ilmu.

Kalau kita ingin mengukur tingkat kebaikan ATTITUDE kita, pertanyaannya bagaimana caranya? Perhatikan saja orang-orang dilingkungan kerja kita maupun diluar sana. Apa yang suka mereka ceritakan tentang diri kita. Apakah hal-hal yang bagus atau tidak.

Hebatnya lagi dengan ATTITUDE yang baik, kita akan lebih gampang mempengaruhi orang. Dalam arti positif karena orang percaya dengan kita.

Untuk itu cobalah lakukan langkah-langkah sebagai berikut untuk membangun ATTITUDE yang baik:

1. Berdoa sebelum memulai aktifitas agar semua dapat dilancarkan.

2. Selalu tepat waktu ketika janji bertemu dengan klien ataupun calon prospek.

3. Selalu menebar senyum terhadap calon prospek maupun klien kita.

4. Pisahkan persoalan pribadi dengan persoalan pekerjaan.

5. Jaga sikap dan perilaku yang baik kepada klien kita tanpa memandang suku, agama dan ras ataupun antar golongan.

6. Perhatikan apa yang kita pakai termasuk cara berpakaian dan yang melekat ditubuh kita seperti bau badan, makeup, gaya rambut, dll. Usahakan semua itu secara wajar.

7. Perhatikan kata-kata yang keluar dari mulut kita, berbicaralah dengan sopan dan santun kepada siapa saja termasuk klien kita ataupun calon prospek kita.

8. Berikan pelayanan terbaik kepada klien kita. Buatlah mereka percaya dan tidak ragu menjadi klien kita.

9. Jangan membiarkan mood mengendalikan hidup kita serta kendalikan emosi kita. Jangan sering mengumbar emosi negatif di depan orang-orang ataupun dalam lingkungan kerja kita. Sebarkanlah energi positif dimanapun kita berada.

10. Selalu siapkan kartu nama.

11. Terapkanlah nilai-nilai kejujuran dalam hal penjelasan produk maupun dalam hal penjualan.

12. Penting sekali bahwa kita pun harus selalu bisa menjaga keharmonisan dalam keluarga. Tidak ada gunanya ATTITUDE baik di hadapan klien kita tapi dalam lingkungan keluarga tidak harmonis. Ingat, kita akan dihargai apabila kita memiliki ATTITUDE yang baik. Selamat mencoba!

Regards,
Jony Yusuf RFP
Komisi Songket
Pin 279384bb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *