SERUM 18: Success Story – Sutan the Trainer

SERUM 17: Tips Sales – Ketahui apa manfaat produk atau jasa Anda untuk customer sebelum Anda menjualnya
December 19, 2015
SERUM 19: Motivasi: Get Busy Living or Get Busy Dying
December 19, 2015

SERUM 18: Success Story – Sutan the Trainer

Success Story by Jony Yusuf RFP

Masa lalu kita bukanlah penghalang kesuksesan masa depan kita

Sekitar 1 bulan yang lalu saya mengenal seorang trainer yang bernama Sutan, awal mula perkenalan kami saat saya mengikuti kelas training yang dibawakan Sutan tidak ada hal yang special dari sosok keturunan belanda dan batak ini.

Saat Sutan menceritakan pengalaman pribadinya sebelum menjadi trainer seperti saat ini. Ada beberapa hal yang membuat saya ingin mengenal lebih jauh karena profesi Sutan sebelum menjadi trainer dan perjalanan hidupnya yang menurut saya menarik sekali untuk kita jadikan motivasi terutama untuk merefleksikan diri kita.

Karena kondisi ekonomi yang sangat sulit, anak bungsu dari 3 bersaudara ini saat menginjak pendidikan SD sempat menjual koran tanpa sepengetahuan orangtuanya karena dalam pikiran Sutan saat itu tidak ingin menambah beban orangtuanya. Profesi lain seperti kondektur dan menjadi tukang cuci mobil pun pernah dijalankan juga.

Walaupun sejak kecil Sutan telah memiliki pribadi yang luar biasa untuk mencari nafkah sendiri, bukan berarti Sutan anak yang penurut dengan orangtuanya. Akibat kenakalan yang pernah dilakukannya, orangtuanya mengirimkan Sutan ke panti asuhan.

Semua duka yang dialami Sutan tidak pernah ia anggap sebagai duka karena menurut Sutan itu merupakan sebuah proses untuk pertumbuhan dan manusia tidak akan pernah berkembang kalau tidak ada tantangan.

Saat ini Sutan telah berusia 38 tahun, perjalanan hidup yang selama ini dijalankan telah membentuk karakter Sutan menjadi pribadi yang kuat dan begitu banyak berkat juga telah ia terima terutama dari orang-orang yang tadinya tidak Sutan kenal, contohnya saat melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi. Semua biaya Sutan dibantu oleh orang-orang yang sangat peduli terhadap ia tapi bukan berarti semua yang Sutan peroleh membuat ia menjadi manja.

Sutan menghargai semua bantuan yang diberikan kepadanya tapi Sutan tetap gigih mencari nafkah sendiri karena ia tidak mau menyusahkan orang lain dan sekaligus belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap hidup sendiri.

Perjalanan hidup Sutan jika kita perhatikan tidak gampang untuk dijalankan bahkan sangat memprihatinkan tapi Sutan bisa melewati itu semua karena ia memiliki prinsip hidup ingin menjadi bermanfaat untuk orang lain, kalau tidak untuk apa kita hidup. Untuk itu ia menjalankan profesi sebagai trainer karena ingin lebih mengembangkan dan memberdayakan orang.

Mungkin sebagian dari kita memiliki perjalanan hidup seperti Sutan ataupun lebih susah dari Sutan, kita tidak dapat menolak itu semua tapi kita selalu memiliki pilihan untuk bangkit berdiri dan memperbaiki kehidupan kita atau hanya duduk meratapi itu semua. Kalau Sutan telah membuktikan bahwa ia mampu melewati itu semua, kitapun mampu seperti Sutan.

Ada kabar baik juga yang ingin saya sampaikan bahwa Sutan telah bersedia untuk sharing di Komisi Songket dalam semi kopdar yang akan kami adakan, besar harapan kami untuk teman-teman yang jika memiliki teman yang berdomisili di Palembang bisa ikut bergabung bersama kami.

Testimoni dari Pak Sutan mengenai KOMI$I: Komunitas ini sangat positif sekali dan hampir rata-rata pimpinan perusahaan memiliki latar belakang sebagai sales, untuk itu kita harus bangga sebagai sales serta saling menguatkan.

Regards,
Jony Yusuf RFP
KOMI$I Songket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *