SERUM  27: Success Story – Sales Melalui Dunia Internet

SERUM 26: Tips Sales – Tingkatkan Closing dengan Arah Motivasi yang Tepat
December 19, 2015
SERUM 28: Motivasi – Semua adalah Ilusi
December 19, 2015

SERUM  27: Success Story – Sales Melalui Dunia Internet

DUNIA internet terus bergulir dan semakin bergeliat di Indonesia. Saat ini kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan menjadi pilihan bagi orang masa kini. Berbelanja pun tidak lagi harus dilakukan dengan mendatangi toko-toko yang menjual barang yang dibutuhkan .
Era menjinjing belanjaan dalam jumlah banyak, mulai terkurangi dengan kegiatan belanja online yang hanya tinggal klick di depan computer ataupun dalam genggaman telepon selular. Jarak, waktu, dan lokasi terasa semakin dekat dan terasa tidak terbatas.

“Ngapain repot-repot. Tinggal pilih aja barang yang dibeli. Banyak pilihan. Toko online juga banyak. Nggak perlu datang ke toko,” ujar Mia, teman saya bercerita mengenai pilihannya untuk belanja online.

Dia mengaku, saat ini lebih memilih online untu membeli sejumlah kebutuhan sehari-hari, terutama kado-kado untuk acara ulang tahun dan berbagi kado saat perayaan hari raya. Pilihan dilakukan untuk mengatasi waktu. Terkadang, dalam penjualan online masih terdapat diskon-diskon yang sangat menguntungan konsumen.

Pesatnya penjualan dunia online bisa dilihat dari semakin banyak munculnya pengusaha-pengusaha online muda di Indonesia. Saat ini tentunya hampir setiap orang tahu dan mengenal sejumlah website penjualan online, seperti Traveloka dengan e-ticketing, Berybenka dengan dengan busana muslim-nya, Bukalapak dengan berbagai jenis produk. Masih ada lainnya lagi, seperti Blibli, lazada,zalora.

Achmad Zaky, pendiri dan CEO Bukalapak.com menyatakan, Bukalapak yang semula dimulai nol jumlah pengunjung saat awal berdiri, kini telah dikunjungi lebih dari 1 juta orang dalam waktu satu hari. Jumlah yang sangat fantastis !

Julie dan Sales Melalui Facebook

Nah, perkembangan dunia internet yang mempermudah belanja melalui dunia maya ternyata juga dilakukan oleh Julie Rohili, yang mengembangkan produk-produk kerajinan tangan (handcrafted) . Semula ibu rumah tangga ini mengisi waktunya mengasuk anak dengan membuat aksesori-aksesori sederha na, seperti gelang, kalung, dan anting-anting.

“Penjualannya dari teman-teman dan koneksi. Melalui iklan dan media digital dimulai dari facebook,” kata Julie, yang memulai kegiatannya sejak tahun 2007.
Seiring dengan perkembangan cara jualan melalui media social dan online shop, produksi Julie berkembang dan meluas mencaup sepatu, baju, tas, syal, dan bando, dan lainnya seiring dengan permintaan pelanggan dan munculnya ide-ide baru.

Produk Julie kini sudah semakin terkenal dan dijual bisa ditemukan di sejumlah mal terkenal di Jakarta. Suatu kebanggaan karena tidak semua karya produk kerajinan bisa masuk disini.
Julie, adalah salah satu perempuan ibu rumah tangga yang sukses memperkenalkan produk dan mengembangkan usaha dengan memanfaatkan media internet. Melalui Facebook dan kemudian melebar melalui media internet lainnya.

Saat ini internet telah menjadi sebuah media yang sangat penting bagi siapa pun untuk membesarkan bisnisnya dan menjadi maju. Apa pun jenis jualannya, media internet sebagai perkembangan teknologi harus dikuasai untuk membantu penjualan, memberikan dampak positif secara individu, keluarga. Meningkatkan citra dan merek yang dimiliki.

Saat ini sudah ada Facebook, blog, twitter, instagram, path, Google+, Myspace, Linkedin, pinterest, Youtube, dan lainnya. Mari, sudah saatnya memanfaatkan dan memaksimalkan semua media ini untuk meningkatkan penjualan !

————————————–

Salam,

R Windu

081287749530

–Selamat Hari Media Sosial, 10 Juni, komisier…

–inspirasi Julie di mompreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *