SERUM 41: Tips Sales – Libur Lebaran dan Penjualan

SERUM 40: Motivasi – Terus Move On Dalam Situasi Sulit
December 19, 2015
SERUM 42: Motivasi – Elang
December 19, 2015

SERUM 41: Tips Sales – Libur Lebaran dan Penjualan

Libur Lebaran dan Penjualan

I buy when other people are selling
J. Paul Getty , bisnisman Amerika

LEBARAN datang. Idul Fitri. Senangnya. Ini salah satu momen yang sangat ditunggu. Lebaran adalah hari paling favorit dalam kalender tahunan. Hari raya yang sangat special. Merayakan hari kemenangan setelah beribadah puasa selama satu bulan. Makanan berlimpah. Ketupat dengan beraneka menu sedap. Masih ditambah kue-kue lezat.

Lebaran juga identik bertemu dan menghabiskan waktu dengan seluruh keluarga, berkunjung ke saudara, dan bertemu dengan kawan-kawan lama yang sudah lama tidak berjumpa. Mengunakan semua yang terbaik.

Semua yang berkaitan dengan libur panjang seluruhnya terasa menyenangkan dan menakjubkan, kecuali satu hal : Melakukan Penjualan.

Ups, tepatkah seorang sales seperti ini? Tapi, tentunya siapa yang tidak ingin benar-benar berlibur tanpa beban target menjual. Lepas menikmati hari raya.

Namun sayangnya, semua kegiatan bisnis tidak mengenal waktu libur. Justru di saat libur hari raya seperti ini, di beberapa bidang penjualan justru sedang ramai-ramainya. Pakaian, makanan, dan semua hal yang terkait dengan perayaan lebaran. Apalagi di sepanjang jalur mudik. Bahkan banyak yang memanfaatkan masa liburan untuk meningkatkan penjualan. Pusat perbelanjaan dan pusat hiburan saat ini justru melakukan jam buka maksimal.

Ya, tapi itu bila terkait dengan kebutuhan libur lebaran. Bagaimana dengan penjualan yang dianggap tidak terkait dengan kebutuhan lebaran?

Bagi banyak salespeople, para calon pelanggan/customer seakan-akan banyak yang menunggu hingga masa liburan lebaran selesai untuk mengambil keputusan pembelian. Calon pelanggan banyak beralasan pengeluaran difokuskan untuk kebutuhan lebaran dan merayakan liburan bersenang-senang wisata.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Masa liburan lebaran setiap tahunnya selalu ada tantangan khusus bagi para sales untuk tetap menjaga fokus dan produktivitas penjualan. Target penjualan bulanan tetap harus dikejar. Terlebih dalam masa libur lebaran justru pengeluaran semakin bertambah.

Dalam dunia industri yang sangat kompetitif seperti saat ini, harga dan pelayanan yang diberikan memberi pengaruh dan menjadi pembeda, sekaligus menjadi faktor peluang penentu dalam terjadi atau tidaknya sebuah penjualan.

Memang betul saat libur lebaran banyak sekali perusahaan-perusahaan yang tutup atau mengurangi jam operasional kerja. Namun cobalah bertanya pada diri sendiri,” Apakah seluruh pembeli/calon pelanggan juga melakukan hal yang sama?”

Kebutuhan seorang calon pelanggan selalu ada, apakah dalam masa liburan atau tidak. Jika kebutuhan ini tidak bisa dipenuhi oleh yang bisa memenuhi kebutuhan itu, akan ada penjual lain yang akan menyediakan kebutuhan itu. Tidak peduli apakah itu adalah saingan penjual saat ini. Meski demikian, libur lebaran tetap merupakan hak untuk menikmati hari kemenangan.

Berikut ini beberapa hal yang paling tidak bisa dilakukan salespeople selama masa liburan lebaran :

1. Tetap berusaha melayani para pelanggan dengan cepat dan dalam kebutuhan mendesak selama masa liburan. Sediakan informasi yang dibutuhkan dan memudahkan pelanggan. Misalnya : lokasi layanan penjualan terletak dimana saja.

2. Tetap menjaga kontak dengan para pelanggan, seperti : email dan telepon hari raya. Biarkan setiap orang, terutama prospek/calon pelanggan tahu selalu siap melayani

3. Gunakan momen silahturahmi lebaran bertemu dengan teman dan keluarga untuk lebih mendekatkan diri

4. Berikan ucapan selamat hari raya dalam bentuk broadcast sms, bbm, email, telepon dan lainnya kepada pelanggan

5. Berikan tips mengenai mudik atau informasi kegiatan libur lebaran yang dikaitkan dengan produk yang dijual bila memungkinkan

6. Tetap semangat beraktivitas. Dalam penjualan, suka atau tidak, aktivitas adalah segalanya. . Buatlah perencanaan aktivitas yang akan dilakukan pasca liburan supaya tetap produktif pasca liburan.

Liburan tetap liburan. Menjaga kontak agar tetap disukai adalah keharusan. Gene Simmons, seorang musisi pernah menyatakan,” If someone likes you, they’ll buy what you’re selling, whether or not they need it.

Selamat merayakan liburan lebaran, rekan-rekan sales. Selamat menikmati kemenangan bersama teman-teman dan keluarga tercinta.

Minal Aidin Walfaizin. Mohon Maaf Lahir Bathin

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

—————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————-

Salam,

R Windu

Komisi Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *