SERUM 43: Tips Sales – Katakan “TIDAK!” Kepada Customer Anda

SERUM 42: Motivasi – Elang
December 19, 2015
SERUM 44: Success Story – Penantian
December 19, 2015

SERUM 43: Tips Sales – Katakan “TIDAK!” Kepada Customer Anda

Dapatkah Anda mengatakan TIDAK kepada customer atau Prospek Anda?

Sebaiknya Anda Bisa.

Ketika seorang prospek mengatakan: “Kirim saja proposalnya” Tetapi tidak mau memberikan informasi mengenai perusahaannya, apa yang mereka cari, atau solusi apa yang mereka inginkan. Katakan “TIDAK!”

Ketika seorang customer meminta Anda mengurangi harga, tetapi tidak mau membeberkan kenapa mereka mau harga yang lebih rendah, nilai-nilai lebih apa yang telah mereka terima, atau bahkan penawaran seperti apa yang dapat membuat mereka membayar. Katakan “TIDAK!”

Jika seorang prospek menginginkan demo, tetapi tidak ingin meluangkan waktu untuk sebuah percakapan telepon agar kita dapat mengetahui latar belakang perusahaannya dan produk apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Katakan “TIDAK!”

Seorang customer dan prospek bisa saja demanding alias menginginkan lebih. Mereka akan meminta banyak, tetapi bukan berarti Anda harus mengatakan IYA setiap kalinya.

Bagian dari penjualan adalah mengatakan TIDAK kepada customer dan prospek Anda. Anda bukan orang suruhan Customer. Anda perlu belajar untuk mengatakan TIDAK.

Kuncinya adalah memposisikan diri Anda sebagai MITRA dan buat pendekatan penjualan yang dapat meningkatkan peluang kesuksesan Klien dan Customer Anda. Bukan menjadi Sales yang selalu mengatakan IYA ataupun yang mudah dipengaruhi.

Sebagian customer dan klien menempatkan diri mereka pada posisi Pemandu dan tugas mereka adalah menekan orang-orang sales. Dengan perasaan seolah-olah mereka yang memegang kendali dan akan mendapatkan penawaran yang lebih baik lagi.

Sayangnya tipe customer dan klien demikian adalah yang salah pemikiran. Anda tidak perlu menjadi korban.

PENJUALAN Yang BAGUS adalah dengan MEMBANTU. Ketika seorang calon pelanggan TIDAK ingin mengizinkan Anda MEMBANTU mereka, Katakan “TIDAK!” dan Move On ke Pelanggan lainnya.

Berlajar mengatakan “TIDAK!” akan dapat menjadi salah satu SENJATA Orang-Orang SALES; Jika Mereka Belajar Bagaimana Menggunakannya dengan BAIK.

*Translated by Andi Wu, Quoted from ASalesGuy.com

Semoga Bermanfaat dalam Proses Penjualan Anda semua. Selamat Beraktifitas kembali, dan tetap SEMANGAT!

Regards,

Andi Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *