SERUM 47: Success Story – Penjual Mie Ayam

SERUM 46: Tips Sales – Teknik yang Tepat untuk Lebih Efektif dan Efisien
December 19, 2015
SELL 1: Make a Customer, not a SALE
December 19, 2015

SERUM 47: Success Story – Penjual Mie Ayam

Succes Story : Penjual Mie Ayam

“If there is a good will, there is great way.”

― William Shakespeare

SEMANGKUK mie ayam bakso komplit dilengkapi dengan segelas teh panas terasa pas. Terlebih bila menyantapnya bersama dengan karib lama yang cukup lama tidak berjumpa.

”Duu… Ada dimana? Mau makan mie ayam,” tulis kawan saya dalam kiriman WA, yang akhirnya membuat mie ayam sebagai pilihan menu makan malam kami.

Kawan satu ini memang sangat menyukai mie ayam yang letak warungnya dekat dengan rumah saya. Sebaliknya saya pun tak berkeberatan untuk ikut makan mie ayam enak, sekaligus berbagi cerita.

Banyak hal yang menjadi bahan cerita.Perkembangan dunia kerja kami, kawan-kawan kami, keinginan kami,mimpi kami, berbagi dukungan dan saran.
Kami juga berbicang tentang para tokoh sukses. Salah satunya tentu saja kekaguman yang tiba-tiba muncul pada bapak penjual Mie Ayam yang tengah kami santap.

“Hebat bapak satu ini. Pegawainya pasti dari kampungnya semua. Warung mienya juga semakin bagus dan luas,” ujar teman saya.

Saya mengangguk,”Bapak ini memang hebat. Dia sudah bisa memberdayakan orang lain.Minimal orang kampungnya.”

Hampir seluruh orang yang berada di dekat warung mie ayam ini mengakui keberhasilan Pardi, sebut saja begitu. Lelaki asal Jawa Tengah ini mampu mengubah hidup dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi diri dan keluarganya.

Padahal dulu, saat masih bujang, pardi sebut saja begitu, hanyalah penarik becak keliling. Juragan becaknya adalah salah satu tetangga saya.

Ketika pemerintah Jakarta melakukan pelarangan becak di Jakarta era tahun 1980-an, tak jarang Pardi muda harus meringkuk ketakutan,mengayuh kencang sekuat tenaga berusaha menyelamatkan becaknya karena dikejar-kejar petugas tramtib (Satpol PP).

Keputusan pemerintah Jakarta untuk menghilangkan kemacetan dengan meniadakan becak yang kemudian tak bisa ditawar lagi mengubah hidupnya.

Pardi berusaha alih profesi meski tidak tahu apa yang akan membawanya. Hidup harus berjalan dengan biaya yang tidak bisa dihindari.Keraguan ditekannya dan tetap melangkah untuk mencoba yang diyakininya.

Menjadi penjual Mie Ayam lantas menjadi pilihannya. Awalnya sempat bergabung dengan penjual mie lainnya namun akhirnya Pardi mampu mandiri.
Perlahan secara pasti, warung Mie Ayam yang dijualnya berkembang pesat dan mulai laris.

Penggemarnya pun mulai banyak. Bahkan kini menjadi salah satu alternatif Mie Ayam pilihan bagi orang yang melintas di wilayah Slipi. Jerih payah Pardi terbayar lebih dari belasan tahun. Perjuangan bapak satu ini memang belum sefantastis para pengusaha besar lainnya, tapi cukup luar biasa mengingat masa lalu yang dimilikinya.

Tak terasa semangkuk mie ayam yang saya santap habis. Begitu juga dengan kawan saya. Satu kata yang terngiang adalah usaha.Semua peluang ada asalkan mau berusaha dan menjalaninya.

Setiap orang harus selalu mencoba dan menekuni sesuatu sehingga kelak bisa berbagi manfaat dan rizki bagi yang lainnya. Semua itu harus dimulai. Lakukan saja bagian yang bisa dengan kemampuan terbaik. Setelah itu berdoa dan berserah kepada kepada Tuhan.

Bunda Theresa pernah berucap kalimat bijaksana,”God doesn’t require us to succeed. He only requires that you try”

Tuhan tidak mengharuskan sukses, namun harus mencoba sesuatu dengan sebaik-baiknya. Kesuksesan akan datang sendiri. Jadi, yakinlah selalu dalam melangkah. Bersegera karena tidak pernah ada yang sia-sia.

—————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Salam,

R Windu

KOMISI Jakarta

SERUM adalah sebuah program materi Motivasi, Skill, dan Success Stories yang diselenggarakan oleh Komunitas Sales Indonesia (KOMISI) dan disebarkan melalui milis di setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

2 Comments

  1. Martinus marwoto says:

    Buat motivasi hidup ok juga tetap semangat

  2. Martinus marwoto says:

    Mohon doanya saya mau buka mie ayan di jl.Palem raya no.5.perumnas tangeranf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *