SERUM 5: Tips Sales – BERAPA ANGKA SALES CLOSING RATIO ANDA

SERUM 4: Motivasi – Muda, Cantik dan Energik
December 8, 2015
SERUM 6: Success Story of Diana Sagita by GM Agung
December 8, 2015

SERUM 5: Tips Sales – BERAPA ANGKA SALES CLOSING RATIO ANDA

BERAPA ANGKA SALES CLOSING RATIO ANDA

Oleh: Jumala Multazam
Katagori: Knowledge

Perusahaan menggunakan berbagai parameter untuk mengukur efektivitas kegiatan bisnis. Parameter-parameter itu untuk mengevaluasi pertumbuhan keuntungan, pertumbuhan pangsa pasar dan faktor-faktor lain yang menentukan keberhasilan perusahaan.

Sales Closing ratio adalah salah satu parameter tersebut. Meskipun sales closing ratio digunakan untuk mengukur kinerja jangka pendek penjualan individu seorang sales, namun ia memiliki relevansi jangka panjang. Maka sales closing rastio menjadi ukuran kinerja seorang sales yang sangat penting. Karena itu sebagai sales kita harus mengetahui hal ini.

Penghitungan Sales Closing Ratio

Sales closing ratio anda dihitung dari jumlah closing dibandingkan dengan jumlah presentasi yang Anda lakukan. Katakanlah, misalnya Anda melakukan 10 presentasi pada bulan lalu dan hasilnya 2 closing. Maka closing ratio anda dihitung 2/10 atau 20% dari prospek potensial Anda.

Berapa angka closing ratio yang baik? Tidak ada standar yang pasti. Tergantung dari kompleksitas produk dan pasar serta kondisi persaingan. Biasanya perusahaan mengukur jumlah closing, dan jumlah prospek. Anda tinggal membaginya. Jumlah closing dibagi jumlah prospek. Itu angka closing ratio. Lalu bandingkan dengan kawan anda dalam team, maka anda akan tahu di mana posisi anda dalam team. Kemudian bandingkan juga dengan perusahaan lain yang sejenis agar perspektif tentang posisi anda lebih luas.

Perspektif Closing Ratio
Closing ratio merupakan alat ukur dari efektifitas sales person. Namun, angka rata-rata closing ratio perusahaan pada sebuah wilayah pemasaran bisa memonitor kinerja dan posisi kekuatan sales team perusahaan tersebut dalam persaingan. Membandingkan closing ratio perusahaan sendiri dengan closing ratio pesaing seperti membandingkan kekuatan tentara di dalam kancah peperangan.

Pengaruh Closing Ratio Terhadap Lost Sales
Angka closing ratio Anda bisa juga digunakan untuk menentukan berapa penjualan yang hilang atau lost sales, yang merupakan ukuran yang lebih luas untuk mengevaluasi kinerja penjualan dan mengidentifikasi peluang untuk perbaikan.

Menurut Paul DiModica, pakar penjualan dan pemasaran, dalam “Sales, Marketing and Business Growth Best Practices”, mengatakan bahwa penjualan yang hilang merupakan efek jangka panjang dari closing ratio yang rendah. Buruknya angka closing ratio berpengaruh juga pada rendahnya angka beli ulang dan pembelian dari referal.

Jadi tumbuhnya angka closing ratio berdampak kuat pada tumbuhnya angka pembelian ulang dan pembelian dari referal. Sehingga secara keseluruhan hal ini berdampak pada angka penjualan tahunan anda. Dan juga sebaliknya. Karena itu penting bagi setiap sales untuk terus meningkatkan angka sales closing ratio.

Tips untuk Meningkatkan Closing Ratio

Seorang tenaga penjualan sudah punya modal ketika sudah puya banyak prospek. Namun itu belum selesai. Yang lebih penting adalah bagaimana prospek itu menjadi pembeli. Makin tinggi penjualan anda dari prospek yang tersedia makin tinggi pula angka closing ratio.

Langkah pertama untuk meningkatkan closing ratio adalah kumpulkan prospek yang berkualitas. Bawa prospek anda dan kumpulkan dengan media apapun sehingga anda merasa dekat dengan mereka. Bayangkan bahwa lebih mudah memancing di kolam renang dari pada di danau yang luas.

Kemudian optimalkan proses manajemen kontak untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang calon klien shingga memuluskan hubungan dalam melakukan follow up. Dan tingkatkan skill presentasi untuk meningkatkan daya dorong anda kepada calon pembeli menjadi pembeli.

Jangan lupa, lakukan sapaan kepada pembeli pada after sales, karena itu bisa meningkatkan angka beli ulang dan angka referal buyer. Joe Girard, sales terbesar dalam sejarah yang sudah masuk guines book, mengatakan bahwa mayoritas penjualannya adalah dari reveral buyer yang berasal dari orang-orang yang sudah pernah beli dari dia.

Salam
KOMISI… Bisa 3x!!!, SALES… Juara!!!

Jumala Multazam
Mobile: 0812 250 88588
Jumalamultazam.com
Referensi:
– Daria Kelly Uhlig, Demand Media Google
– Hermawan Kartajaya, Markplus Institude of Marketing (MIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *