SERUM 50: Success Story – Mau Sukses? Fokuslah pada pelanggan Anda

SERUM 49: Tips Sales – Skill
December 19, 2015
SELL 2: Kisah Pemandu Taxi
December 19, 2015

SERUM 50: Success Story – Mau Sukses? Fokuslah pada pelanggan Anda

Berikut adalah kisah sukses seorang Penjual Online di Bukalapak.com. Credits: Bukalapak.com

Santoso (36) Pelapak yang berasal dari Bekasi ini merupakan salah satu pegiat komunitas Bukalapak Bekasi. Merintis bisnis online sejak tahun 2005 dan sempat vakum dikarenakan tidak ada produk yang bisa dijual lagi olehnya. Mulailah pada awal tahun 2014 beliau yang mempunyai panggilan akrab Haidar (nama anaknya) di komunitas Bukalapak ini kembali merintis bisnis onlinenya dengan produk andalannya adalah nomor cantik yang memiliki lapak di arbezeht.

Saat ini bisnis onlinenya yang sudah berjalan sekitar 1,5 tahun kebelakang, sudah memperoleh penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya. Dan beliau yakin suatu saat pasti bisa fokus untuk fulltime jadi pengusaha. Karena sekarang ini beliau masih menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan. Setiap harinya meskipun beliau harus bekerja namun tak pernah mengurangi pelayanannya dalam memberikan respon yang cepat kepada seluruh customernya. Itu adalah salah satu kunci sukses menurutnya, dimana sebagai penjual apalagi yang melakukan komunikasi melalui internet sebisa mungkin berikan pelayanan yang cepat dan tanggap. Agar nantinya setiap pelanggan bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam belanja online. Khususnya ketika belanja online melalui lapak miliknya. Kunci sukses menurutnya adalah tetap fokus dalam memberikan pelayanan kepada customer.

Bagaimana kelanjutan dari kisah sukses Santoso yang menjalankan bisnis online ini? Yuk, simak hasil wawancara yang telah dilakukan oleh tim Bukalapak.com berikut ini,

Sejak kapan berjualan online?

Sebenernya kenal jualan online sudah agak lama, yaitu sekitar tahun 2005 akhir, tapi baru serius 1,5 tahun kebelakang

Bagaimana awal (kisah) berjualan online?

Berawal dari hobi juga sih. Dulu gabung komunitas pecinta klub bola di salah satu forum online. Searching accessoris klub bola di fjb, dari situ kepikiran, kenapa nggak ikut jualan juga? Disamping itu di kantor yang lama sering ada produk elektronik sale. Itu adalah pertama kali produk yang saya jual di internet. Sempat vakum karena tidak ada produk yang dijual lagi. Kemudian
baru awal tahun 2014 kenal dunia nomor cantik dan akhirnya jualan online sampai sekarang.

Mengapa memutuskan untuk berjualan online?

Menurut saya jualan online lebih praktis dan simple. Kenapa? Karena saya orangnya nggak pinter ngomong

Produk apa saja yang dijual?

Saat ini hanya nomor cantik saja, mungkin nanti akan menambah produk lagi kedepannya

Mengapa memilih produk tersebut untuk dijual?

Meskipun masuk kategori hobi dan tidak semua orang suka. Saat ini nomor cantik sudah menjadi kebutuhan untuk kalangan tertentu. Baik jadi lifestyle, sebagai hadiah buat relasi / keluarga. Atau pun dijadikan sebagai contact person sebuah perusahaan. Misalnya nomor untuk dipasang di reklame di pinggir jalan tentu perlu nomor yang mudah diingat dengan sekali pandang

Apa ada toko fisiknya?

Belum ada, mungkin kedepannya akan ada

Total jumlah produk ada berapa?

Sekitar 500 produk

Produk apa yang paling laris?

Kalau di Bukalapak nomor yang harganya sekitar 50rb-100rb

Rata-rata, berapa jumlah transaksi dalam sehari?

Semenjak Bukalapak iklan di media elektronik. Alhamdulillah tiap hari pasti ada transaksi 1 ~ 5trx. Tapi kadang masih bolong juga kalau di pertengahan bulan hehehe

Media sosial yang digunakan apa saja? Sejauh mana efektivitasnya?

Facebook dan twitter yang dikoneksikan ke BL dan di retweet ke keyword yang diinginkan. Sejauh ini sebagai penyebaran iklan saja dari efeknya ada saja pembeli direct buy di bukalapak

Bagaimana cara menghadapi kompetitor produk serupa?

Soal rejeki sudah diatur dan nggak bakal ketuker kok, lebih ke customer focus aja kalau menurut saya, komunikatif, berikan respon yang cepat dan yang pasti tidak ada nomor handphone yang sama di dunia ini kan? Saat tertentu berikan promo/obral perlu buat menarik minat pelanggan

Apa target pribadi Anda dalam bisnis online ini?

Harapannya sih bisa menggantikan income dari kerjaan utama saat ini biar nggak jadi amphibie lagi

Menurut Anda, karakter apa yang perlu dimiliki oleh seseorang agar ia bisa sukses jualan online?

Tekun, sabar, dan mau belajar

Ada tips soal jualan online yang bisa di-share?

* Praktekkan apa yang sudah para master BL share di komunitas, sesuaikan dengan produk yang kita jual
* Jangan menyerah meskipun kita tahu itu adalah saatnya kita menyerah, baru kemudian tawakal
* Selalu berbuat baik di setiap kesempatan, karena apa yang kita dapat hari ini adalah hasil / efek perbuatan kita sebelumnya

—————————

Dari kisah di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa agar bisa sukses jualan, berusahalah, sabar dan terus belajar. Terus berbuat baik, menjual dengan tulus melayani dan jalin komunikasi yang tepat dengan pelanggan Anda.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman KOMISI-ers sekalian. Have a grear Friday.

Regards,

Andi Wu

SERUM adalah kepanjangan dari ( SEnin, Rabu, jUM’at ) Sesuai dengan definisinya SERUM ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan diri Anda agar mampu menghadapi segala macam “kuman” malas, takut, kuatir dan berbagai kuman negative lainnya serta akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Setiap Senin akan diberikan Sales Motivasi agar anda tetap “ON”, hari Rabu akan disharingkan TIPS Penjualan yang akan meningkatkan Skills dan Knowledge Anda, sedangkan di hari Jum’at akan ada praktisi sales yang mensharingkan pengalaman mereka dalam menjual.

Semoga SERUM akan membuat hidup Anda lebih kuat dan sukses dalam bidang penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *