SERUM 58: Tips Sales – Kenali Tanda Prospek Siap Order

SERUM 57: Motivasi – Mencari Sumber Semangat
December 19, 2015
SERUM 59: Success Story – Sifat Pemalu Bukan Penghalang Untuk Menjadi Sukses di Dunia Sales
December 19, 2015

SERUM 58: Tips Sales – Kenali Tanda Prospek Siap Order

Ali adalah seorang sales baru yang ditugaskan oleh managernya untuk melakukan penjualan di lapangan. Ia dibekali dengan brosur dan training tentang produk yang akan dijual. Setelah satu minggu training, ia pun bersemangat untuk melakukan penjualan.

Toko demi toko ia masuki, ia berikan penjelasan sesuai dengan kemampuannya. Sayangnya setelah 1 minggu lewat, rasio closing nya di bawah rata-rata. Padahal menurut managernya, kemampuan Ali untuk menjelaskan produk cukup lumayan. Karena penasaran, sang manager pun memutuskan untuk ikut turun ke lapangan bersama Ali.

Ternyata, hari itu, sang manager bisa membantu Ali untuk mendapatkan order yang bernilai lumayan tinggi. Ali pun meyakini bahwa kemampuan sang manager itu sakti mandraguna seperti pak GM Agung Nugroho.

Ketika ada kesempatan untuk minum es teh manis, Ali pun berkata:

Ali: “Untung saja ada Bapak yang membantu saya closing, kalau tidak, saya pasti tidak akan bisa closing seperti hari ini. Tapi apa jadinya saya besok, kalau Bapak tidak ada bersama saya?”

Manager: “Jangan begitu Li, sebenarnya saya tidak melakukan apapun koq hari ini. Kamu yang melakukan semua closing itu tadi. Yang saya lakukan hanyalah meminta order di saat prospek sudah siap untuk membeli.”

Ali: “Maksud Bapak???”

Manager: “Saya perhatikan dari tadi, kamu tuh semangat sekali memberikan penjelasan kepada prospek. Tapi kamu lupa untuk memperhatikan bahasa tubuh nya. Saat ia sudah siap untuk membeli, kamu malah terus saja nyerocos menjelaskan ini itu. Ingat ngga, tadi saya potong penjelasan kamu dan saya tanya sama pak X, beliau mau pesan berapa? Pak X langsung pesan 50 karton kan? Itu karena saya lihat dia sudah mau order tapi ngga tega untuk motong penjelasanmu yang panjang lebar.”

Ali: “Mana saya tahu pak, emang pak X di dahinya keluar tulisan ‘Saya mau order’? Koq saya ngga lihat ya?”

Manager: “Hahaha, ya nggak lah Li. Nggak seperti itu. Tapi ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa prospek sudah siap untuk melakukan order. Misalnya:

– Prospek banyak tanya ini itu tentang penjelasan kamu
– Posisi duduk prospek berubah mendekat ke arah kamu
– Prospek memperhatikan penjelasan kamu dengan serius
– Prospek antusias dengan penjelasan kamu
– Prospek nanya detail mengenai metode pembayaran dan cara pengiriman”

Ali: “Oh gitu pak, jadi kalau saya ketemu prospek yang seperti itu, apa yang harus saya lakukan?”

Manager: “Ya selesaikan presentasi kamu secepatnya, dan keluarkan form order lah. Gitu aja koq nanya”.

Ali: “Hehehe, iya juga yah… Wah terima kasih pak atas ilmu nya. Besok segera saya praktekkan.”

Bagaimana dengan teman2 sekalian, apakah ada tambahan mengenai tanda-tanda prospek sudah siap closing yang lainnya?

Salam Komisi,

Indra Hadiwidjaja, CFP®
Financial Planner

SERUM adalah kepanjangan dari ( SEnin, Rabu, jUM’at ) Sesuai dengan definisinya SERUM ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan diri Anda agar mampu menghadapi segala macam “kuman” malas, takut, kuatir dan berbagai kuman negative lainnya serta akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan omset penjualan anda.
Setiap Senin akan diberikan Sales Motivasi agar anda tetap “ON”, hari Rabu akan disharingkan TIPS Penjualan yang akan meningkatkan Skills dan Knowledge Anda, sedangkan di hari Jum’at akan ada praktisi sales yang mensharingkan pengalaman mereka dalam menjual.
Semoga SERUM akan membuat hidup Anda lebih kuat dan sukses dalam bidang penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *