SERUM: Bukan Rata-Rata

SERUM: Abundance Life
April 25, 2016
SELL: Part 04 Ide Luar Biasa Untuk Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan
April 30, 2016

SERUM: Bukan Rata-Rata

SUATU hari di sebuah kantin kantor, saat jam istirahat makan siang. Bersama beberapa orang teman berkumpul seraya menikmati makan siang. Jelang akhir bulan, ada saja hal menarik yang ingin diobrolkan. Salah satu hal yang dibicarakan, salah satunya mengenai sosok Aprilia, salah satu perempuan yang nyaris selalu menjadi top skorer penjualan di kantor.

Perempuan yang biasa disebut April ini memang masih muda, cantik, dan lajang. Secara kasak kusuk, banyak teman yang mengatakan dulunya di bukan apa-apa. Cuma sekedar ‘tukang creambath’ saja di salon. Di perusahaan ini, dia berkembang pesat menjadi yang paling hebat penjualannya setiap bulan. Tentu saja, hal ini berimbas dengan semakin berbedanya penampilan April, yang semakin cantik dan semakin besar income-nya.

Ada banyak anggapan mengenai dirinya. Ada senior yang bilang. “Terang saja, dia masih muda. Jadi punya energi lebih untuk bisa kesana-kemari. Daya tahannya masih kuat. Apalah saya yang sudah mulai berusia.”

Ada yang lain bilang.”Waduh, mana saya sempat untuk ngejar customer sampai malam-malam banget. Apalagi ngotot kalau weekend. Saya nggak bisa meninggalkan keluarga. Dia kan belum menikah.”

Ada lagi yang bilang,” Dia perempuan muda. Cantik lagi. Siapa yang nggak mau didekatin sama dia. Pasti lebih mudah jualannya.”

Hup, benarkah demikian? Ternyata tidak. Seringkali obrolan-obrolan yang terkesan sepele jika dikembangkan malahan bernuansa negatif. Ternyata itu tidak hanya terjadi di pikiran sejumlah anak baru. Para senior, yang merasa terungguli ternyata juga bisa jadi terimbas pemikiran tidak positif karena semakin bersaingnya penjualan.

Saya pun mengamati sang April ini. Sempat mengobrol juga karena ingin juga menjadi yang terbaik. Supaya menjadi Bukan Rata-Rata.

Setidaknya, ada beberapa hal yang disampaikan, yang bisa disingkat dengan APRIL, yakni:

1. Atur dan susun selalu jadwal

Selalu memiliki jadwal perencanaan yang tersusun apik apa yang dilakukan, bertemu dengan siapa, dari perusahaan apa, dimana lokasinya, dan jam berapa. Hal ini penting karena waktu adalah hal yang sangat bernilai. Kesediaan seorang calon customer untuk bertemu sudah merupakan kesempatan. Tidak ada hari yang terlalui tanpa tahu apa yang harus dicapai per minggu, per bulan, per quarter, per semester, ataupun per tahun.

2. Perhatikan selalu kebutuhan pelanggan

Saat seorang calon pembeli menyampaikan kebutuhannya, seorang penjual yang baik akan selalu mendengarkan dengan baik. Mau memberikan saran dan solusi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Tidak semata-mata mengejar keuntungan semata.

3.Rela berkerja keras

Tidak ada sesuatu yang datang secara tiba-tiba. Rela bekerja lebih keras, lebih banyak, dan lebih cerdas. Selalu bekerja melebihi orang lain, yang selalu merasa telah selesai melakukan tugasnya, sesuai dengan jam kantor. Sadar jika pekerjaan ini bisa memakan waktu 24 jam serta 7 hari dalam seminggu. Selalu bersedia dihubungi sewaktu-waktu.

4. Ingin selalu melakukan yang terbaik

Selalu ingin melakukan pelayanan atau servis yang sebaik-baiknya kepada pelanggan. Sangat tahu jika permasalahannya bukan terletak bukan hanya pada bagaimana melakukan service kepada orang lain, melainkan apa pendapat customer mengenai layanan yang diberikan untuknya.

5. Lakukan Saja

Meski ditolak, meski diabaikan, tetap melakukan pekerjaan dengan konsisten, komitmen, dan keyakinan. Tidak dimasukkan dalam hati, sikap orang yang mungkin saja tidak menerima dengan baik karena belum merasa butuh ataupun tidak mengerti kebutuhannya. Selalu yakin jika suatu saat akan mendapatkan hasil yang terbaik seiring dengan waktu. Selain tentunya juga menambah kepandaian dalam berpenampilan dan mempelajari cara-cara berjualan yang menghasilkan.

Salam,

R Windhu
Komisi Jakarta
081287749530

—-

SERUM secara definisi adalah suatu cairan tubuh yang mengandung sistem kekebalan terhadap suatu kuman yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, maka orang tersebut akan mempunyai kekebalan terhadap kuman yang sama. Fungsi utama serum adalah mengobati suatu penyakit yang diakibatkan oleh kuman.

Lalu apa hubungannya SERUM dengan Anda?

SERUM juga kepanjangan dari ( SEnin, Rabu, jUM’at ) Sesuai dengan definisinya SERUM dari KOMISI ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan diri Anda agar mampu menghadapi segala macam “kuman” malas, takut, kuatir dan berbagai kuman negative lainnya serta akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Setiap Senin akan diberikan Sales Motivasi agar anda tetap “ON”, hari Rabu akan disharingkan TIPS Penjualan yang akan meningkatkan Skills dan Knowledge Anda, sedangkan di hari Jum’at akan ada praktisi sales yang mensharingkan pengalaman mereka dalam menjual.

Semoga SERUM akan membuat hidup Anda lebih kuat dan sukses dalam bidang penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *