SERUM: Gigih

SERUM: Ucapan adalah Doa
October 17, 2016
SERUM: Jangan Meremehkan Diri Sendiri
October 25, 2016

SERUM: Gigih

Saya mau cerita dulu saat masih jadi Sales Retail bahan bangunan
Jobnya keliling n nawarin toko bangunan sebanyak2nya….

Ada satu toko bangunan, yang saya incer.. karena tokonya rame banget. Lokasi strategis, gosipnya tagihannya lancar.. cuma ownernya kalo ngomong sama Sales suka suka dia, guaaalaknya sama Sales bukan main..

kalimat, kata yang akan diucapkan sudah siap, brosur n alat peraga sudah siap, mental digedein, pokoknya siap tempurrr

Pertama datang dicuekin, plus nunggu 2 jam lebih dikit, karena beliau sibuk melayani pelanggan2nya… Abis itu dia pergi… Hari pertama gagal total.. 😔
Hari kedua, sama seperti hari pertama, gagal maning

Hari ketiga… Lumayan, masih bisa ngasih kartu nama, n ngejelasin dikit, responnya Taruh saja brosurnya ntar dibaca2…

Hari keempat ga ada, karena saya mau malam mingguan..

Hari kelima, lagi libur kerja, saya datangin… Kebetulan agak kurang pelanggannya..jadi bisa ngejelasin lebih banyak waktu… Responnya sama kaya hari ketiga… Masih cuek, padahal saya udah berharap2..

Hari keenam ga ada.. biasa sales meeting mingguan

Hari ketujuh, datangin lagi, tapi dicuekin, saya tungguin sampai dia ada waktu buat saya.. finally ada, tapi responnya menyakitkan… Ditolak mentah2 karena hal ini hal itu… Nasib.

Hari ke 11 saya datangin lagi, malah diusir… Hahahaha… Katanya saya bawa sial…

Hari ke 13, 14, 15, 16, 17. Setiap hari saya datangin, walau ga ngapa2in… Pokoknya saya sediakan waktu untuk kesana..

Hari ke 18… Baru saja sampai di depan toko, motor aja belum saya parkirin. Langsung dipanggil…..

“Gw Beli barang lo, gw coba dulu, tapi awas Lo besok balik lagi kesini”…

Yesss akhirnya order, walau alasannya sebel n kesal ngeliat saya yang tiap hari nongol…

Saya cuma jawab “ga bisa kok, soalnya besok saya yang nganterin barang, lusa deh saya ga kesini lagi gimana??
Terserah Lo… (Sambil masang muka dongkol)..

Lusa memang saya ga balik lagi kesana, tapi setelahnya saya balik lagi…
Lo ngapain kesini (dengan nada jengkel)…

Saya jawab “sudah tugas saya memastikan barang masuk ke toko, dan juga memastikan barang ini bisa keluar dari toko ke end user, saya akan bantu menjelaskan ke pelanggan2 toko tentang produk ini, transaksi tetep ke Kokoh…

Suka suka Lo dah… Asal jangan ganggu pelanggan2 gw.. (dengan nada heran)
Siaaaappppp koh… (Masang muka berseri2, seakan2 polos tanpa dosa)..

ingkat kata dalam 3 hari barang pun habis, repear order dong..
Anterin barang lagi, abis itu bantu jualin.. begitu terusss.

Sampai khusus buat produk kami disediakan tempat khusus….. Lumayan agak kedepan…

Dari 1 dus, repeat order meningkat, sampai saya udah ga sanggup bawa sendiri pake motor…

Sampai suatu ketika, ada 1 pelanggannya yang punya kendala, beliau panggil saya untuk bantu selesaikan masalah bangunannyA.

Kami kerjakan dengan sungguh2 sepenuh hati, akhirnya selesai dan memuaskan
Sejak saat itu, beliau banyak ngobrol dengan saya, mulai dari product knowledge, info terkini, sampai hal2 pribadi…

Singkatnya…. Beliau adalah salah satu klien saya yang konsisten, orderannya lumayan. Penutup target saya setiap bulan…

Dulu dicuekin, sekarang kalo ketoko, udah pasti disiapin kopi sambil maen catur Hahahaha…

Kegigihan adalah sebuah keahlian yang bisa membantu kita mencapai tujuan, memperoleh apa yang kita inginkan dan bahkan bisa menjadi cara untuk menegaskan pendirian kita kepada orang-orang yang keras kepala atau sulit diajak kerja sama.

Kegigihan dalam berusaha akan membedakan antara orang-orang yang berhasil dengan mereka yang gagal pada saat harus melakukan tugas, berinteraksi atau meraih tujuan. kurangnya kegigihan atau “terlalu cepat menyerah” adalah penyebab yang paling umum dari kegagalan dalam berusaha.

Salam
Ahmad Madani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *