SERUM: Kisah Sales yang Gak Mau Ribet

SERUM: Memiliki Bank Nama
April 20, 2016
SELL: Part 03 – Ide Luar Biasa untuk Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan
April 23, 2016

SERUM: Kisah Sales yang Gak Mau Ribet

Kisah Sales yang Gak Mau Ribet

Halo everyone, April tingallah 1 minggu lebih sedikit lagi, mari kita kejar ketinggalan kita, dan raih target yang telah kita tetapkan bulan ini. SERUM hari ini saya ingin menceritakan kisah sales yang gak mau ribet. Maksud dari kisah ini, agar kita dapat belajar dan mengerti bahwa tidak ada usaha yang sia-sia.

Suatu hari ada seorang customer ibu-ibu ingin membeli accessories, beliau di layani oleh pemilik toko. Setelah belanja, pemilik toko pun kemudian menawarkan berbagai macam barang lainnya yang sedang promo dan ibu ini yang kalau di perhatikan adalah pengguna awam yang butuh penjelasan lebih dan informasi yang tepat. Setelah beberapa waktu bercerita, karena suatu keperluan, pemilik toko kemudian memperkenalkan sales nya untuk melayani ibu ini lebih lanjut.

Sales menanggapi setiap pertanyaan ibu tersebut, dan sempat ada maksud untuk memesan sebuah tablet yang warnanya sedang kosong saat itu. Selain tablet tersebut, ibu ini banyak bertanya tentang aksesoris dan perlengkapan IT lainnya. Sales terus melayani dan menjawab seadanya.

Fine fine saja sampai di sini.

Setelah customer pergi, mulailah terdengar percakapan tidak menyenangkan di belakang: Cerewet banget ibu ini, banyak banget tanya-tanyanya, tapi gak beli. Saya paling malas deh kalau ketemu customer beginian.

Teman-teman jangan contoh yang beginian yah. Bagaimanapun seorang customer yang banyak tanyak, banyak minta, banyak nego, dan cerewet mau minta ampun, kita sebagai SALES, WAJIB melayani dengan sepenuh hati, dengan senyum dan ikhlas. Bersyukurlah karena ada customer yang mau bertanya kepada Anda, maka peluang penjualan Anda akan semakin tinggi. Jika ketemu customer yang banyak tanya dan suka bercerita, berbaurlah, samakan persepsi Anda, bercengkeramalah selayaknya Anda bercengkerama dengan teman dekat Anda. Jadikan customer Anda menjadi customer yang Well Informed, dan suatu saat, penjualan yang tak terduga akan tiba untuk Anda.

Saya ketika bertemu dengan seorang customer yang suka bertanya, dan apa lagi bercerita panjang, akan meluangkan waktu saya sebaik mungkin untuk memenuhi kepuasan customer tersebut. Mereka butuh perhatian, informasi, penjelasan, dan yang terpenting keIkhlasan seorang Sales dalam melayani.

Akhir kata, Sales tidak selalu = Menjual Produk. Tetapi, Sales = Memberikan informasi, pelayanan, keakraban dan hati yang tulus.

Semoga kisah ini dapat mengingatkan kita semua, jangan jengkel dengan customer kita. Jangan merasa risih, terbebankan. Terima mereka apa adanya, layani semaksimal mungkin.

Regards,

Andi Wu 
——-
SERUM secara definisi adalah suatu cairan tubuh yang mengandung sistem kekebalan terhadap suatu kuman yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, maka orang tersebut akan mempunyai kekebalan terhadap kuman yang sama. Fungsi utama serum adalah mengobati suatu penyakit yang diakibatkan oleh kuman.

Lalu apa hubungannya SERUM dengan Anda?

SERUM juga kepanjangan dari ( SEnin, Rabu, jUM’at ) Sesuai dengan definisinya SERUM dari KOMISI ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan diri Anda agar mampu menghadapi segala macam “kuman” malas, takut, kuatir dan berbagai kuman negative lainnya serta akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Setiap Senin akan diberikan Sales Motivasi agar anda tetap “ON”, hari Rabu akan disharingkan TIPS Penjualan yang akan meningkatkan Skills dan Knowledge Anda, sedangkan di hari Jum’at akan ada praktisi sales yang mensharingkan pengalaman mereka dalam menjual.

Semoga SERUM akan membuat hidup Anda lebih kuat dan sukses dalam bidang penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *