SERUM: Kisah Seorang Sprinter Memenangkan Hati Pelanggan

SERUM: Ramah di saat Tak Menyenangkan
May 25, 2016
Memberikan Respons yang Lebih Baik kepada Pelanggan
May 27, 2016

SERUM: Kisah Seorang Sprinter Memenangkan Hati Pelanggan

Di suatu hari, ada kisah nyata seorang sprinter (bahasa kerennya Kurir) bernama Agus yang menjemput paket ke alamat seorang calon pelanggan.

Pelanggan ini baru pertama kali ingin mencoba jasa sprinter ini, dan tibalah sprinter ini dengan cepat ke tempat pelanggan setelah dihubungi melalui telpon.

Setiba di tujuan, paket yang ingin di kirim oleh pelanggan tergolong ringan tetapi memakan volume yang besar. Jadi, walaupun beratnya hanya 5 Kg, tetapi volumenya termasuk dalam berat 14 Kg. Namun, sprinter ini berinisiatif menawarkan untuk membantu Re-Packing kembali agar tidak terlalu besar volumenya dan customer pun bisa hemat.

Sebenarnya perusahaan lebih diuntungkan jika pelanggan membayar 14 Kg, namun sebagai Sprinter yang nyatanya juga adalah Seorang SALES yang berhubungan langsung dengan pelanggan, si Agus ini berhasil menyusutkan volume paket pelanggan ini menjadi hanya 7 Kg. Luar biasa sekali respons dari pelanggan. Bahkan pelanggan pun sempat ingin mencuri foto aksi si Agus yang sedang repacking paketnya. Karena kelihatan malu-malu, jadinya tidak terfoto.

Kemudian, masuklah testimoni dari pelanggan tersebut yang mengatakan:
1. Customer saya yang menerima paket terkejut, karena mereka mendapatkan SMS dari ekspedisi Anda bahwa paket tujuan ke customer tersebut sedang dalam proses dan disertakan data lengkap. Jadi saya yang belum menginfokan nomor resi ke customer saya pun terringankan.
2. Sprinter Anda sangat baik dan bijaksana, mahu berusaha melayani lebih dan luar biasa dengan inisiatif repacking paket saya hingga lebih hemat.

Dari kisah ini, tentunya kita jika berada pada posisi pelanggan, pasti sangat puas dan bahagia. Hemat 50%, pelayanan ramah, dan cepat lagi. Jika kita sebagai sales bisa memberikan lebih dari yang diharapkan pelanggan seperti contoh kisah di atas, target kita pasti tercapai jauh di atas. Belum lagi jika pelanggan tersebut menceritakan kepada teman-temannya dan mereferensikan kita. That is Free Marketing yang menghasilkan Continuous Sales – Sales yang berkelanjutan.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Regards,

Andi Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *