SERUM: Lessons from Waterpolo

SERUM: Servis yang Lebih dari Cukup
January 14, 2017
SERUM: Cara yang Berbeda
January 31, 2017

SERUM: Lessons from Waterpolo

Waterpolo – mungkin olahraga ini masih asing bagi banyak orang, bahkan tidak semua orang pernah memainkannya.

Waterpolo (Polo Air) termasuk salah satu cabang olahraga yang Tersulit di dunia. Dalam sebuah game waterpolo, terdapat 4 quartal, dan setiap quartal dimainkan selama 8 menit.

8 Menit terkesan cepat? Di dalam game waterpolo, setiap team bertugas menerobos pertahanan lawan dan mencetak goal ke gawang yang ada. Sangat sederhana, tetapi apakah Anda sanggup bertahan mengapung di kolam sekelas olympiade, berenang kesana kemari dengan kepala yang hampir setiap saat harus di atas agar dapat memantau situasi dan bergerak sesuai rencana?

It is the most fun game when you score a goal. Perasaan saat Anda berhasil mencetak goal adalah tidak terbayarkan. Anda harus menghindar dari kejaran pemain, passing bola ke teman Anda agar pertahanan lawan terbuka, menanti peluang masuk ke tengah, ataupun memberikan bola kepada center man Anda yang dijaga ketat oleh seorang pemain dari belakang.

Center Man adalah player yang menjaga di tengah menanti umpan bola dari rekannya, dan mencetak goal dari jarak dekat. Center Man terus mendapat tekanan agar tenggelam, tidak dapat menerima bola, bahkan tidak dapat mencetak goal. Tidak jarang kita melihat adanya siku menyiku, pemain-pemain yang tertekan dan berusaha tetap mengapung tinggi agar dapat menerima bola umpan. Seseorang yang mahir berenang belum tentu dapat bertahan dalam permainan Waterpolo.

Mari kita lihat cuplikan Video Pertandingan Final Singapura vs Indonesia pada 18th ASEAN University Games Singapore 2016 pada link berikut:

Tahun-tahun lalu telah berlalu. Beberapa tahun belakangan ini orang-orang suka bilang Tahun ini susah, ekonomi lesu, krisis, loyo, sepi.

Coba kita bayangkan kejadian yang sama terjadi dalam sebuah game Waterpolo yang berlangsung selama setahun, di bagi menjadi 4 quartal. Berapa lama Anda dapat bertahan? Bahkan mencetak Goal? Di minggu ke berapa Anda berhasil menhadapi masalah-masalah yang timbul dan melewatinya?

Seorang pemain waterpolo, maupun sebuah team waterpolo melewati proses latihan yang sangat melelahkan, tidak hanya latihan berenang, tetapi berjalan di air dengan kedua tangan di atas, latihan passing bola, latihan shooting, latihan beban di Gym, dan sebagainya.

Sebagai seorang Sales, di tahun 2017 ini, apa rencana latihan Anda? Seberapa berat latihan yang Anda sanggup lewati? Mampukah Anda berjalan di atas air sepanjang Tahun ini? Dan mencetak sebanyak mungkin Goal? Dan tentunya menyelesaikan Ke Empat Quartal tahun ini dengan Baik?

Fighting!

Regards,

Andi Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *