SERUM: Penjualan dan Rasa Iba

Registrasi dan Kartu Member KOMISI
April 13, 2016
SERUM: The Power of System
April 15, 2016

SERUM: Penjualan dan Rasa Iba

SEBUAH siaran radio menarik perhatian saya untuk mendengarkan sejenak. Bahasannya adalah segala hal yang dilakukan karena iba atau tak tega, seperti memberi kepada seseorang, ataupun membeli sesuatu dari seorang penjual.

Cukup banyak yang menelepon dan bercerita dalam siaran radio itu.

”Saya nggak tega sama penjual sepatu atau sandal kulit. Mengiba dan memelas. Pas saya tanya jualannya mahal banget. Saya nggak tega. Saya nggak sempat untuk coba membuktikan keaslian kulit yang dijualnya. Akhirnya saya beli juga dengan membayar separuh harga dari yang ditawarkan,” kata seorang Ibu.

Saya tersenyum karena tahu para penjual sepatu atau sendal keliling yang mengaku dari suatu daerah sering mengiba agar dibeli dagangannya karena tak laku. Penjual biasanya akan bilang yang penting ada uang untuk pulang kampung.

Seorang penelepon lainnya bercerita iba itu muncul  saat ada seorang kakek renta menawarkan mangga dalam plastik. Tak tega meski tahu harga yang ditawarkan kakek itu mahal, perempuan itu memutuskan untuk  tetap membelinya. Setelah dibuka sampai rumah, mayoritas mangga yang dibelinya ternyata busuk.

Saya kembali tersenyum karena pernah mengalaminya. Saya langsung bayar saja tanpa memeriksa lagi saat ada tawaran bungkusan mangga secara memelas dari penjualnya di atas bis. Ternyata memang yang saya bayar tak layak makan. Saya akhirnya membuang apa yang saya beli.

Pernah juga seorang kakek tua menawarkan makanan ringan. Jumlah yang dibawanya memang sedikit. Hanya saja, tadinya saya ingin membeli cukup banyak dengan memberikan sedikit lebihan uang tapi ternyata dia menjual dagangannya dua kali lipat harga normal.

Perlunya Ilmu Menjual
Cerita-cerita di atas bisa jadi hanyalah beberapa yang dinilai seseorang saat sebuah penjualan terjadi. Masih banyak cerita  lainnya, yang terkadang membuat senyum-senyum sendiri, plus sedikit ngenes di hati.

Kisah penjual di atas adalah kisah penjual tradisonal, yang belum tentu pernah mempelajari ilmu penjualan secara baik dan benar. Tenaga sales perusahaan lebih beruntung. Saat ini, suatu perusahaan sudah banyak yang memberikan  training kepada salesnya.

Meski demikian, hingga  kini nggak jarang,  tetap saja masih sering kita dengar : “Habis tuh orang datang lagi-datang lagi.  Udah nolak tetap datang terus. Nawarin terus !” ucap seorang kawan yang membeli sesuatu.

Pff..  tenang, itu hanyalah persepsi saja. Masih banyak tenaga sales yang bagus mutunya. Sebagai seorang sales, sudah pasti memang kerjanya harus menawarkan dan mengupayakan pembelian. Kalau tidak, darimana bisa survive dan mendapatkan income? Cuma tetap saja harus tahu menempatkan diri dan membaca situasi yang ada.

Ilmu dalam menjual ternyata sangat perlu agar lebih mudah tercapainya penjualan. Selain tentunya agar profesi sales semakin dianggap sebagai profesi bergengsi. Bukan profesi grasa-grusu.

Seorang sales harus mengupayakan pembelian yang diberikan bukan lantaran iba. Apalagi, jika hanya untuk mendapatkan sebuah penjualan, yang akan menghasilkan keuntungan income.

Salesman wajib membantu calon pembelinya untuk menemukan kebutuhannya. Salesman mampu mengajak  pembelinya mengenali manfaat-manfaat yang akan diperolehnya, dengan barang yang akan dibeli dan dimilikinya.

Memastikan pembeli mendapatkan yang dibutuhkan sekaligus yang diinginkan, adalah sebuah nilai yang baik. Kemampuan mendengar dan melihat menjadi kunci masuk untuk menjalin kedekatan, yang berujung pada penjualan.

Bagaimana dengan Anda, adakah pengalaman menarik dari penjualan yang telah dilakukan?

Salam,

R Windhu
Komisi Jakarta
081287749530

—–

SERUM secara definisi adalah suatu cairan tubuh yang mengandung sistem kekebalan terhadap suatu kuman yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, maka orang tersebut akan mempunyai kekebalan terhadap kuman yang sama. Fungsi utama serum adalah mengobati suatu penyakit yang diakibatkan oleh kuman.

Lalu apa hubungannya SERUM dengan Anda?

SERUM juga kepanjangan dari ( SEnin, Rabu, jUM’at ) Sesuai dengan definisinya SERUM dari KOMISI ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan diri Anda agar mampu menghadapi segala macam “kuman” malas, takut, kuatir dan berbagai kuman negative lainnya serta akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Setiap Senin akan diberikan Sales Motivasi agar anda tetap “ON”, hari Rabu akan disharingkan TIPS Penjualan yang akan meningkatkan Skills dan Knowledge Anda, sedangkan di hari Jum’at akan ada praktisi sales yang mensharingkan pengalaman mereka dalam menjual.

Semoga SERUM akan membuat hidup Anda lebih kuat dan sukses dalam bidang penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *