SERUM: Rajin Berkomunikasi dengan Customer

SERUM: Memperluas Pengaruh Diri Kita
February 13, 2017
SERUM: Mantan Sales Sedotan
February 17, 2017

SERUM: Rajin Berkomunikasi dengan Customer

Pagi,

Ada sesuatu pengamatan yang saya amati cukup lama, seiring seringnya sebuah perusahaan mengganti team salesnya, maka banyak customer yang terlupakan maupun tidak tahu Sales mana yang dapat dihubungi ketika ada keperluan.

Salah satu contoh dalam hal sales asuransi, jika mereka berpindah perusahaan atau tidak lagi menjadi agen, maka customernya pun terbiarkan.

Contoh lainnya pada Sales Distribusi Area yang menjual ke dealer, juga ketika terjadi penggantian sales, sales baru tidak berkenalan langsung ke dealer-dealer yang sudah ada, sehingga pada saat dibutuhkan, tidak ada yang bisa dihubungi. Dan berujung customer harus menghubungi Bos maupun Perusahaan, di mana tidak selalu langsung terhubung dan perlu melewati tahapan pada kasus tertentu.

Sebagai Sales, mari kita jadikan diri kita Mudah dihubungi, sering menjalin komunikasi dengan customer kita baik itu sekedar menyapa dan mengintro diri kita kembali. Suatu saat, jika customer membutuhkan bantuan, maupun order, Anda akan selalu ada di benak customer tersebut. Apa lagi jika Anda terkenal ramah dan sering follow up customer, baik itu memberikan tips dan cara penggunaan produk, support dalam bentuk dukungan teknis, dan silaturahmi yang berkelanjutan.

Salah satu contoh, seorang Private Banking Officer rajin menghubungi nasabahnya ketika baru di tunjuk/assign ke seorang nasabah, dan rajin mengupdate informasi mengenai promo perbankan yang baru.

We Go to Customer First before they Came for Us
Serve First before We Get Served
Give First before We Expect a Return

Salam Sukses,

Andi Wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *