Service Excellence: Komunikasi Membuat Perbedaan

SERUM: Kebahagiaan adalah Hak Anda
February 3, 2017
SERUM: Kesuksesan Butuh Proses
February 6, 2017

Service Excellence: Komunikasi Membuat Perbedaan

KOMUNIKASI
MEMBUAT PERBEDAAN
Alan Fairweather

Pernahkah kita berfikir apa penyebab kita kehilangan pelanggan ?

Ada 4 alasan utama, yaitu

A. 5% karena pelanggan
– meninggal,
– pindah tempat,
– berganti bidang usaha

B. 9% karena harga

C. 14% karena mengalami ketidak puasan terhadap kualitas produk & layanan.

D. 72% karena ketidak – pedulian penyedia jasa atau produk.

Kita tentu pernah mengalami kondisi ini, dimana kita sebagai pelanggan namun merasa tidak dilayani dengan baik.

Misalnya :
– tidak disapa ramah
– tidak mendapat informasi yang tepat & akurat tentang produk & pengiriman

Kuncinya adalah pelanggan ingin mendapatkan kepastian dan keramahan.

Dan untuk itu kita perlu BERKOMUNIKASI dengan BAIK dan BENAR kepada pelanggan.

Kita perlu memberi tahu pelanggan secara kontinyu & konsisten bahwa kita PEDULI kepada mereka.

Media komunikasi bisa berupa :
– Email
– Telepon
– WA dan BB
– Kunjungan kerja

Saat berkomunikasi kepada pelanggan, kita harus tunjukkan SIKAP, NADA yang senang melayani serta bekerja sama dengan pelanggan.

Pepatah Inggris :

“When should you tell your partner that you care about them ?
Before somebody else does !”

Artinya :

Kapan seharusnya kita mengatakan kepada pasangan bahwa kita peduli kepadanya ?

Sesegera mungkin, sebelum orang lain melakukannya !”

Perhatian kepada pelanggan itu harus :
– diUCAPkan
– diLAKSANAkan
secara kontinyu dan konsisten.

Gunakan LOGIKA dan PERASAAN untuk mempertahankan pelanggan.

Berikan kebutuhan atas
– informasi yang akurat
– produk yang bagus
– layanan yang memuaskan
dan upayakan agar uang yang mereka keluarkan memberikan manfaat yang berlimpah.

Komunikasi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan kita.

Bahkan kerap kali jadi faktor pendukung utama.

Happy SELLing

best
regards
GM@YOGYA
Istimewa dihati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *