Service Excellence (SELL): Be Informed in Order to Serve Well

SERUM: Kisah Seorang Astrada
March 24, 2017
SERUM: Tempatkan Visi Anda di Hadapan Anda
March 27, 2017

Service Excellence (SELL): Be Informed in Order to Serve Well

Happy Weekend,

Tidak terasa sudah weekend lagi. Selama ini, setiap hari apa saja yang telah Anda pelajari atau lakukan pada saat luang pada jam kerja, maupun akhir pekan (selain waktu bersama keluarga)? Pasti Anda tidak duduk diam melotot ke layar smartphone Anda terus menerus hingga tidak menyadari sekeliling Anda bukan?

Semalam salah satu staff saya saya angkat jadi Frontliner sebuah Brand, dan langsung mendapatkan training personal dari Area Sales Brand tersebut. Selama proses training tersebut, saya perhatikan seolah-olah visi staff ini pasti terbuka, pasti sadar akan pentingnya berkerja maksimal. Ada satu kalimat dari area sales ini, yaitu: Perjuangkan lah apa yang telah diberikan kepada kita, karena kita bekerja untuk itu.

Sudut pandang staff saya pada Brand ini pun berubah total. Dari biasanya kita hanya tahu ini adalah sebuah merek Smartphone, spesifikasinya demikian, Brandnya baru di Indonesia, kurang laku karena gak ada yang cari dan harus di tawarin terus menerus. Ini sebelum ditraining. Setelah ditraining, oh ternyata brand ini fokusnya pada spesifikasi dan kualitas dengan harga yang terjangkau. Oh ternyata perbedaannya ini, manfaat yang diberikan brand ini pada fiturnya ini, tidak ada pada brand lain. Oh ternyata sejarah Perusahaannya ini, dan ini toh caranya membedakan kualitas kamera walaupun megapixelnya kecil.

Setelah ini, jika staff saya ini rajin melatih dirinya, rajin mempraktekan, rajin research dan membaca review-review, pasti Target yang diberikan akan tercapai dalam 1-2 bulan nanti. Kenapa bisa?

Dengan Be Informed (Mengetahui detail), seorang sales dapat melayani dengan maksimal tanpa terpatah2, tanpa tampak binggung, dan dengan mudah dapat menarik empati calon pembeli. Kenapa tidak? Sampai detail-detail cara penggunaan produk, layanan purna jual, dan hal-hal yang belum tentu diketahui seorang customer maupun penjual biasa sudah bisa dikuasai. Tinggal pelaksanaan dengan gaya yang menarik, menjalin hubungan dan bertanya terlebih dahulu, tidak langsung direct menyodorkan produk, Closing + Service Excellence pun pasti didapat.

Perlu kita ingat, jika kita hanya mengenal sebuah Brand dan Produk pada luarnya saja, kita tidak mudah melayani dengan baik, keraguan bisa muncul ketika kita tidak dapat menjawab dengan benar, bahkan jika kita karang dan nyatanya salah. Sama halnya dengan calon pelanggan kita, jika kita hanya melihat tampilannya saja, tanpa menggali lebih dalam sisi kebutuhannya, menyentuh sisi personalnya, kita tentunya tidak mudah mendapatkan closing dari calon pelanggan tersebut.

Always be Informed. Apapun itu Informasinya. Bahkan Trend yang sedang berlangsung saat ini pun dapat membantu kita melayani dengan lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *